Connect with us

Pemerintahan

Bupati Situbondo Raih Penghargaan KDI Kategori Pelayanan Publik Smart Society

Diterbitkan

||

Bupati Situbondo Raih Penghargaan KDI Kategori Pelayanan Publik Smart Society

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, berhasil meraih penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) tahun 2022, untuk kategori pelayanan publik, Senin (26/09/2022) tadi. Prestasi itu, pun mendapat apresiasi dari Kepala Kesatuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Pemerintah Kabupaten Situbondo, Buchari.

Menurut Buchari, inovasi yang dilakukan oleh Bupati Situbondo, dianggap mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan mutu pelayanan publik di Kabupaten Situbondo. Dimana, berbagai inovasi yang dilahirkan oleh Pemkab Situbondo, memiliki konsep kerja ‘Pakem’ yakni pelayanan aktif, kreatif, efektif, efisien dan memuaskan.

Lebih lanjut mantan Camat Kapongan menambahkan, melalui Situbondo Smart Society, layanan publik dapat diakses secara online dan sangat memudahkan bagi masyarakat. Program Sehari atau Situbondo Sehat Gratis, pun merupakan salah satu program Bupati Situbondo, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis berbasis KTP elektronik bagi masyarakat miskin.

Baca juga:

Selain itu, tambah Buchari, ada Plasa Situbondo atau sistem pelayanan masyarakat desa atau kelurahan Situbondo. “Ini merupakan cikal bakal aplikasi si Pesat (sistem informasi pelayanan masyarakat terpadu), yang digunakan oleh pihak kecamatan dan desa dalam melaksanakan pelayanan administrasi masyarakat,” terangnya.

Tidak hanya itu, Buchari menambahkan inovasi selanjutnya adalah Sipesah (sistem informasi pengendalian sampah) lalu Simpel Puter (sistem pelayanan publik terpadu), Pelanduk cepat (pelayanan administrasi kependudukan cetak ditempat) dan Sipinter (sisem informasi perizinan terpadu) dan lain sebagainya.

“Semoga prestasi ini dapat memberikan motivasi kepada kami dan seluruh staf untuk menambah semangat baru menuju Situbondo berjaya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo mengucapkan terima kasih atas apresiasi kepada awak media yang telah ikut serta membantu memberikan informasi-informasi kepada masyarakat. “Prestasi ini adalah kerja bersama. Pastinya, kita akan terus termotivasi ke depan untuk berprestasi lebih baik,” ujarnya.

Sekedar diketahui, penyerahan penghargaan KDI 2022 ini dilakukan di Sam Poo Kong Semarang, Kamis (22/09/2022) lalu. Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang, komisaris utama PT MNC Asia Holding Tbk, Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Grup, Syafril Nasution serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia. (her/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.