Connect with us

Lamongan

Peringati Hantaru 2022, Pemkab Lamongan Komitmen Wujudkan Pelayanan Terbaik bagi Masyarakat

Diterbitkan

||

Peringati Hantaru 2022, Pemkab Lamongan Komitmen Wujudkan Pelayanan Terbaik bagi Masyarakat

Memontum Lamongan – Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Nasional 2022, yang jatuh pada Senin (26/9/2022) tadi, diperingati Pemkab Lamongan dengan melaksanakan upacara bersama. Tidak sebatas itu, gelaran juga dilakukan pemberian penghargaan Satya Lencana hingga penyerahan beberapa sertifikat tanah.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, yang bertindak sebagai inspektur upacara, pada kesempatan tersebut menyampaikan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto. Dimana beberapa poinnya, yaitu mengajak menjadikan momen Hantaru 2022 untuk mewujudkan pelayanan terbaik bagi bangsa dan negara.

Dalam sambutan Menteri ATR/BPN tersebut, juga diungkapkan bahwa capaian pendaftaran tanah sampai saat ini mencapai 81,6 juta bidang atau setara dengan 64,7 persen. Dirinya juga mengajak, untuk menyusun strategi terbaik guna pencapaian 100 persen pendaftaran tanah pada tahun 2025.

“Saya mengingatkan pentingnya mengejar target PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan sehingga tidak menimbulkan residu dan masalah di kemudian hari,” kata Bupati Yuhronur menyampaikan sambutan Menteri Hadi Tjahjanto.

Baca juga :

Dirinya juga menyampaikan, bahwa target redistribusi tanah tahun 2022 sebanyak 424.510 bidang harus menjadi perhatian khusus dan segera diselesaikan. Juga terkait mafia tanah, dirinya mengajak untuk bersinergi dengan empat pilar yakni Kementerian ATR/BPN, Pemda, aparat penegak hukum dan badan peradilan.

“Semoga dengan momentum Hantaru kali ini bisa kita wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara tercinta,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yuhronur juga mengajak untuk mematuhi arahan Menteri ATR/BPN untuk mensukseskan dan melaksanakan percepatan pemenuhan PTSL. “Pada prinsipnya, kami Pemkab Lamongan bersama jajaran, mengucapkan terima kasih kepada BPN yang telah bersinergi dan telah berkoordinasi dengan baik, sehingga mampu mewujudkan PTSL sebagaimana tadi yang disampaikan pada sambutan Pak Menteri, mari kita sukseskan dan kita lakukan percepatan. Alhamdulillah, Lamongan bisa menyelesaikan dengan baik,” katanya.

Kepala BPN Lamongan, Eko Jauhari, mengaku optimis dapat menyelesaikan PTSL Lamongan tepat pada waktunya. “Alhamdulillah, tahun 2022 PTSL di Lamongan itu ada 58 ribu. Ini memang mengikuti dari kesediaan anggaran pemerintah pusat, yang mana sebelumnya tahun 2021 itu 118 ribu. Nah, mungkin dengan 58 ribu ini akan lebih sukses lagi karena volumenya lebih sedikit. Untuk saat ini sudah terkumpul semua sekitar 48 ribu, yang sudah terbit untuk saat ini sudah 6 ribu 8 ratus. Semoga pas nanti Desember kita bisa tuntas semua,” terangnya. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.