Lumajang

Daftar Cabup ke DPC Partai Demokrat, Bupati Lumajang Petahana Janjikan Lumajang sebagai Kabupaten UHC

Diterbitkan

-

Memontum Lumajang – Bupati Lumajang petahana, Thoriqul Haq atau Cak Thoriq, akhirnya mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati (Cabup) Lumajang dari Partai Demokrat di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Lumajang Sabtu (25/05/2024) tadi. Dalam kesempatan itu, Cak Thoriq menyatakan akan menjadikan Kabupaten Lumajang sebagai kabupaten yang Universal Health Coverage (UHC).

“Ke depan saya berkeinginan ada kebijakan berkelanjutan terkait dengan jaminan kesehatan. Saya komitmen akan menjadikan Kabupaten Lumajang sebagai kabupaten yang Universal Health Coverage atau UHC. Jadi, jaminan terhadap semua masyarakat Lumajang untuk mendapatkan BPJS. Ini tinggal sekitar 27 hingga 30 persen. Begitu Kabupaten Lumajang bisa UHC dengan kebutuhan anggaran yang bisa menjamin, maka ke depan kebijakan ini akan berkelanjutan,” kata Cak Thoriq, saat menjawab beberapa program kesehatan yang hari ini sudah tidak gratis lagi. Seperti program melahirkan gratis, Puskesmas gratis dan lainnya.

Menurut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu, berkelanjutan yang dimaksud adalah tidak ada lagi begitu ganti bupati kebijakan berubah karena dengan menjadikan Kabupaten Lumajang sudah UHC, itu positioningnya akan menjadi satu kesatuan pembahasan APBD.

Baca juga :

Advertisement

“Memang itu terjadi di banyak tempat dan tidak hanya di Lumajang. Begitu kepemimpinannya berganti, maka ada kebijakan yang menyesuaikan dengan kepemimpinan. Tentu, saya yang memiliki tanggung jawab untuk tidak sekedar bagaimana program ini berdampak kepada masyarakat. Tapi, harapan untuk supaya program ini berkelanjutan. Jadi pikiran politik yang hari ini harus saya kuatkan lagi kepada masyarakat. Nah, pikiran politik yang harus saya kuatkan lagi itu artinya, bahwa sekian waktu selama saya memimpin Kabupaten Lumajang, program-program yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Pikiran politik saya adalah bagaimana program ini tetap berlanjut dan tetap menjadi jaminan kepada masyarakat. Itu semua menjadi program yang harapannya menjadi program yang terus berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Lumajang, Idris Marzuqi, mengatakan bahwa seluruh yang disampaikan oleh Thoriqul Haq termasuk berkas pendaftarannya akan segera dibawa ke DPD dan DPP Partai Demokrat. “Kami di DPC tidak berhak menerima dan menolak. Yang bisa kami lakukan adalah membawa berkas dari Cak Thoriq ini ke DPD dan DPP,” ujarnya.

Sekedar diketahui, Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. UHC mengandung dua elemen, yakni akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga dan perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan. (adi/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas