Connect with us

Lamongan

Desa Deket Agung Lamongan Raih Juara II Kampung KB Tingkat Jatim

Diterbitkan

||

Desa Deket Agung Lamongan Raih Juara II Kampung KB Tingkat Jatim

Memontum Lamongan – Tidak hanya memiliki potensi yang luar biasa dalam perikanan dan pertanian sebagai upaya penanganan stunting, Kabupaten Lamongan juga memiliki banyak desa yang bisa dikembangkan sebagai desa percontohan KB (Keluarga Berencana). Hal tersebut, terbukti dengan terpilihnya Desa Deket Agung, Kecamatan Sugio, yang berhasil sebagai Juara II lomba Kampung KB percontohan tingkat provinsi kategori lomba kabupaten.

Desa Deket Agung terpilih sebagai salah satu desa perwakilan dari 111 kampung KB, yang terdapat di Lamongan. Hal tersebut, dikarenakan Desa Deket Agung telah berhasil menperoleh prestasi sebagai Juara I lomba kampung KB tingkat Kabupaten Lamongan, Juara Harapan favorit lomba kampung tangguh tingkat Kabupaten Lamongan dan Juara Genre tingkat Kabupaten Lamongan.

Tidak hanya itu, Desa Deket Agung juga melalui destinasi wisata ‘Sendang Bawono’ berusahan untuk menanggulangi permasalahan stunting, dengan memanfaatkan sendang sebagai tempat budidaya ikan.

Sebagaimana ditegaskan Presiden Joko Widodo dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional yang dilaksanakan di Medan pada Kamis (07/07/2022), bahwa angka stunting di Indonesia mengalami penurunan setiap tahunnya. Di tahun 2021, angka stunting Indonesia mencapai 24,4 persen dan ditargetkan dapat turun menjadi 14 persen di tahun 2024. Sesuai tema Harganas ke 29 ‘Ayo cegah stunting agar keluarga bebas stunting’, Presiden juga mengajak untuk bekerjasama untuk mempersiapkan SDM generasi penerus Indonesia yang berkualitas.

Baca juga :

“Harganas (Hari Keluarga Nasional) ke 29 ini, saya mengajak kepada seluruh kekuatan bangsa, untuk bergerak bersama-sama, bekerja bersama-sama, bersinergi bersama-sama untuk menurunkan angka stunting dan seluruh akar permasalahannya dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia generasi penerus kita yang berkualitas,” ajak Presiden Jokowi.

Menyerahkan hadiah lomba pada Desa Deket Agung dan penerima Juara II lomba karya tulis ilmiah tingkat provinsi dari Lamongan, Wabup Lamongan, KH Abdul Rouf mengungkapkan bahwa hal ini seiring dengan peningkatan SDM yang semakin sadar akan pentingnya pengelolaan dan manajemen desa. Juga,mengenai upaya penurunan angka stunting yang diharapkan pemerintah.

“Selamat kepada Desa Deket Agung yang berhasil menjadi Juara II lomba Kampung KB tingkat provinsi, juga saudara Mita Dwi Ayuda sebagai Juara II lomba karya tulis ilmiah tingkat provinsi. Ini berarti, SDM Lamongan semakin sadar akan pentingnya pengelolaan dan managemen desa untuk membantu pembangunan daerah juga program pemerintah,” papar Wabup KH Rouf.

Diungkapkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Lamongan, Fida Nuraida, mengungkapkan bahwa salah satu syarat sebuah kampung atau desa bisa lolos menjadi kampung percontohan ini adalah harus memiliki prospek yang bagus baik dari segi manajemen, SDM, kerja sama, juga desa wisatanya yang sudah berkembang. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.