Connect with us

Bondowoso

Dinkes Bondowoso Akan Lakukan Vaksin dan Tes Kesehatan Ulang CJH

Diterbitkan

||

Dinkes Bondowoso Akan Lakukan Vaksin dan Tes Kesehatan Ulang CJH

Memontum Bondowoso – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bondowoso, akan melakukan pemeriksaan ulang terhadap calon jamaah haji (CJH) sebelum berangkat ke Tanah Suci. Hal ini bakal dilakukan, mengingat proses pemeriksaan sudah dilakukan dua tahun lalu.

“Rata-rata CJH sudah di vaksin dosis 1 dan 2. Sementara untuk vaksin dosisi 3, ini masih menunggu instruksi dari Pemerintahan Saudi Arabia,” kata Kepala Dinkes Bondowoso, dr H Mohammad Imron, Selasa (17/05/2022) tadi.

Ditambahkannya, ada kemungkinan untuk CJH, akan divaksin ulang atau dosis 3. Karena, rata-rata mereka divaksin dua tahun yang lalu.

Ditambahkannya, ada informasi terbaru terkait jenis vaksin. Kalau sebelumnya Sinovac tidak boleh untuk perjalanan ke luar negeri, tetapi sekarang sudah diperbolehkan.

Baca juga :

Informasi tersebut bagi mereka yang akan melakukan perjalan ke luar negeri, bukan untuk CJH. Dinkes sendiri akan memvaksin Sinovac pada CJH kalau sudah Surat Edaran (SE) dari Kemenkes.

“Hampir 80 persen, warga Bondowoso di vaksin Sinovac. Baik dosis 1 maupun 2. Oleh karena itu, terkait hal tersebut, kami masih menungg SE dari Kemenkes,” jelasnya.

Kadinkes menghimbau, kepada CJH agar tetap menjalankan protokol kesehatan selama nantinya berhaji. Walaupun sudah tidak ada karantina lagi, baik sebelum maupun sesudah menjalankan ibadah haji.

Ditambahkannya, bahwa terkait tes kesehatan CJH, Dinkes akan melakukan ulang. Karena tes kesehatan dilakukan pada tahun 2020 dan sekarang sudah tahun 2022. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.