Connect with us

Jombang

Hadiri Gelaran PG Tjokier bersama BNI, Wabup Jombang Tegaskan Eksistensi Ketahanan Pangan dan Swasembada Gula

Diterbitkan

||

Hadiri Gelaran PG Tjokier bersama BNI, Wabup Jombang Tegaskan Eksistensi Ketahanan Pangan dan Swasembada Gula

Memontum Jombang – Wakil Bupati Jombang, Sumambrah, berharap keberadaan Pabrik Gula (PG) Tjoekir tetap eksis dalam mewujudkan ketahanan pangan atau swasembada gula nasional. Harapan itu, disampaikannya saat menghadiri gelaran sinergi PG Tjokier bersama BNI dalam pengembangan budidaya tebu rakyat Pemerintah Kabupaten Jombang dengan KPTR /KUD di wilayah Jombang. Gelaran acara ini, digelar di salah satu hotel di kawasan Kabupaten Jombang, Jumat (20/01/2023) tadi.

Selain mengenai eksistensi, Wabup Sumambrah juga meminta kemanfaatkan PG Tjokier, bisa dirasakan oleh para petani tebu di Kabupaten Jombang. “Pabrik Gula Tjoekir harus bermanfaat bagi petani dan seluruh stakeholder,” ujarnya.

Baca juga:

Di tempat sama, GM PG Tjoekir, Abdul Aziz Purmali, mengatakan dalam rangka pencapaian swasembada gula, fokus pada peningkatan kapasitas petani guna meningkatkan produktivitas tebu dan rendemennya. “Peningkatan produktivitas tebu bisa dilaksanakan dengan sejumlah strategi meliputi pemantapan areal, rehabilitasi tanaman, penyediaan agro input berupa pupuk dan benih unggul. Penyediaan sarana dan prasarana, peningkatan produktivitas lahan melalui penerapan standar teknis budidaya serta manajemen Tebang Muat dan Angkut (TMA). Antisipasi perubahan iklim, terakhir penetapan harga. Dengan demikian minat petani menanam tebu akan semakin meningkat,” ujarnya. (azl/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *