Connect with us

SEKITAR KITA

Hadiri Seminar dan Sarasehan Perkoperasian, Bupati Situbondo Beri Motivasi Peserta

Diterbitkan

||

Hadiri Seminar dan Sarasehan Perkoperasian, Bupati Situbondo Beri Motivasi Peserta

Memontum Situbondo – Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo, menggelar seminar dan sarasehan perkoperasian yang berlangsung di Pendopo Aryo Situbondo, Jalan Kartini No 1 Situbondo, Kamis (04/08/2022) tadi. Dalam kesempatan itu, turut hadir Bupati Situbondo, H Karna Suswandi, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah, Dosen ekonomi dan bisnis Widyagama Surabaya, Irfan Fathoni dan seluruh penggiat atau gerakan koperasi di Kabupaten Situbondo.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo, Nugroho, mengatakan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan seminar dan sarasehan perkoperasian ini, yaitu untuk menanamkan pendidikan dan pengetahuan tentang perkoperasian sejak dini. Khususnya, kepada para mahasiswa, kaum milenial, masyarakat dan para pengiat perkoperasian di Kabupaten Situbondo.

Selain itu, sambung Nugroho, juga untuk peningkatan kualitas pengurus, pengawas, manajemen maupun kelembagaan koperasi. “Tujuan pertama, untuk mendorong pemberdayaan kaum milenial dan mahasiswa dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam suatu lembaga perguruan tinggi. Kedua mengubah pola pikir, menanamkan produktivitas, membentuk karakter dan mempercepat penanggulangan pengangguran, mendorong pertumbuhan ekonomi dan industri kreatif berbasis kearifan lokal dan kejeniusan para pengelola koperasi,” jelasnya.

Dalam perkoperasian, imbuh Nugroho, diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan anggota dan pendapatan melalui pembagian sisa hasil usaha koperasi. Sekaligus, menumbuhkan semangat kehidupan berkoperasi di tengah-tengah masyarakat, lembaga sekolah dan lembaga perguruan tinggi.

Baca juga :

Sementara itu, Bupati Situbondo, dalam sambutannya mengatakan bahwa koperasi merupakan wadah perekonomian yang dari awal sampai hari ini sangat hebat. “Koperasi itu lahir dari anggota koperasi dan dibentuk oleh anggota secara bersama-sama dan keuntungannya juga dirasakan bersama,” kata Bupati Situbondo.

Lebih lanjut Bupati Karna mengatakan, bahwa arah dari koperasi saat ini untuk mengajarkan kaum milenial berperan aktif dalam dunia perkoperasian. “Kenapa kaum milenial ini menjadi sasaran dalam dunia perkoperasian?. Tentu, ada maksud dan tujuan yang akan dicapai dari program koperasi milenial ini,” tuturnya.

Oleh karena itu, tambahnya, para pemuda ke depan sudah bisa mampu secara manajemen untuk melakukan kegiatan-kegiatan keuangan, kegiatan-kegiatan ekonomi minimal. Sehingga ke depan koperasi milenial ini bisa menjadi koperasi-koperasi yang bisa dipercaya oleh publik dan ke depan koperasi milenial ini bisa menjadi penyangga dari kebutuhan masyarakat.

“Saya berharap koperasi milenial, bukan hanya mengulas tentang keuangan. Akan tetapi, mampu mengelola koperasi sebagai produsen produk-produk unggulan Kabupaten Situbondo sekaligus pemasarannya. Saya tidak bisa bayangkan betapa akan majunya jika koperasi dikelola oleh kaum milenial,” ujarnya. (her/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.