Banyuwangi

Kirab Pemilu 2024, KPUD Banyuwangi Serahkan 18 Bendera Parpol ke KPUD Situbondo

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Sebagai salah satu tahapan Pemilu 2024, KPUD Banyuwangi menyerahkan 18 bendera peserta kontestan Pemilu (Parpol) kepada KPUD Kabupaten Situbondo, Senin (11/09/2023) tadi. Rombongan kirab bendera dari KPUD Kabupaten Banyuwangi itu, diterima KPUD Situbondo di Kantor Pendopo Aryo, dengan disaksikan Wakil Bupati, Nyai Hj Khoirani, Sekda, Wawan Setiawan, Kapolres, perwakilan Kodim serta Kejaksaan Negeri Situbondo.

Menurut Ketua KPUD Situbondo, Marwoto, ada beberapa elemen yang terlibat dalam Kirab Pemilu. Diantaranya, kaum disabilitas atau kalangan inklusi Kabupaten Situbondo, rombongan dari Banyuwangi, rombongan KPUD dari Tapal Kuda serta dari dari PPK dan PPS se-Kabupaten Situbondo.

Baca juga :

Dikatakannya, bahwa perwakilan kontestan dari partai politik juga diundang pada kegiatan Kirab Pemilu kali. Selanjutnya, rombongan kirab KPUD Kabupaten Situbondo akan menyerahkan kepada KPUD Kabupaten Bondowoso, pada 17 September 2023. Dilanjutkan, nantinya ke KPUD Jember dan KPUD Lumajang, Probolinggo dan bersambung ke Kota Pasuruan hingga ke Kota Malang.

Pria yang menjabat Ketua KPUD selama dua periode ini menjelaskan, bahwa yang diserahkan oleh KPUD Kabupaten Banyuwangi adalah 18 bendera Parpol peserta Pemilu tahun 2024. Untuk jumlah personel kirab Pemilu tahun 2024 yang dilibatkan kali ini, kurang lebih sebanyak 1000 orang. “Untuk Pemilu 2024, itu rohnya di KPU RI. Untuk kirab ini, dilakukan di tujuh titik sehingga pendidikan pemilih merata secara masif dan dilakukan melalui Kirab Pemilu 2024,” beber Marwoto.

Advertisement

Pria yang akrab disapa Totok itu melanjutkan, untuk titik pertama terletak di Kepulauan Riau, titik dua di Kaltara, titik tiga di Kaltim, Samarinda, Maluku, NTT dan Lampung. “Sehingga diharapkan, kegiatan Kirab Pemilu ini tepat sasaran untuk pendidikan politik,” ujar Marwoto. (her/gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas