Connect with us

Kabupaten Malang

Menpora RI Buka Pelaksanaan Porwanas XIII Jatim di Malang

Diterbitkan

||

Menpora RI Buka Pelaksanaan Porwanas XIII Jatim di Malang

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi, mendampingi Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) RI, Zainudin Amali, menghadiri pembukaan Porwanas (Pekan Olah Raga Wartawan Nasional) XIII Tahun 2022 bertempat di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Senin (21/11/2022) malam. Turut hadir pada acara itu, Plt Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Wali Kota Malang, Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang dan Wakil Bupati Malang.

Porwanas XIII Jawa Timur, ini dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, dimana atlet yang ikut Porwanas ini adalah atlet-atlet yang sudah kompeten dan bersertifikasi. Porwanas adalah ajang yang sangat ditunggu-tunggu oleh para wartawan seluruh Indonesia. Itu karena, pelaksanaan Porwanas ini sudah 6 tahun tidak diselenggarakan dan kali ini diikuti 35 provinsi yang akan bertanding. Provinsi di Indonesia yang seharusnya 34, namun diikuti oleh 35 provinsi, dikarenakan Surakarta sebagai kota berdirinya pers dianggap setara dengan satu provinsi.

Menpora RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia saat ini sudah mempunyai Design Besat Olahraga Nasional (DBON). Menurutnya, sejak Indonesia merdeka, baru sekarang ada DBON ini.

Dirinya berharap, pada tahun 2045, tepatnya seratus tahun Indonesia merdeka, Indonesia bisa berada di peringkat 10 besar dunia. Namun, saat ini olah raga masih belum menjadi utama di Indonesia.

Baca juga:

“Kepedulian kita terhadap olah raga belum seperti sektor yang lain. Ibarat makanan, olah raga masih kita tempatkan sebagai menu pembuka dan penutup, kita belum bisa menempatkan sebagai menu utama. Padahal dengan olah raga ini, disamping membugarkan masyarakat Indonesia tapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, dengan adanya porwanas ini dapat menyosialisasikan DBON ini ke seluruh Indonesia,” kata Menpora RI.

Selanjutnya, Plt Gubernur Jawa Timur juga mengatakan selamat datang di Jawa Timur dan selamat bertanding. Dirinya juga berharap, seluruh kontingen yang hadir di Malang dapat nyaman.

“Semoga nyaman tinggal di Malang. Kalaupun target juara umum tapi itu agak sulit, yang paling penting adalah bagaimana para kontingen masing-masing provinsi nyaman di Malang,” ucap Plt Gubernur Jatim.

Di sisi lain, Bupati Malang menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, dirinya juga menyampaikan selamat datang dan bertanding untuk kontingen Porwanas dari seluruh Indonesia. Apresiasi juga diberikan kepada panitia penyelenggara maupun seluruh pihak yang telah bekerja keras dan berpartisipasi guna memberikan kontribusi serta dukungan. Sehingga kegiatan ini pada akhirnya dapat terlaksana.

“Mudah-mudahan seluruh rangkaian kegiatan dan perlombaan dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala sebagaimana harapan kita bersama,” ujarnya. (pro/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.