Connect with us

Kabupaten Malang

Minimalisir Stunting, TP PKK Wajak Gelar Lomba Balita Sehat

Diterbitkan

||

Minimalisir Stunting, TP PKK Wajak Gelar Lomba Balita Sehat

Memontum Malang – Balita sehat merupakan harapan dari seluruh ibu di dunia. Oleh karena itu, dalam rangka memantau perkembangan dan memotivasi kesehatan anak, TP PKK Kecamatan Wajak, menggelar Lomba Balita Sehat.

Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, digelar Rabu (23/03/2022) dan berjalan sangat meriah. Turut hadir dalam serangkaian pelaksanaan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Hj Anis Zaidah Sanusi.

Ketua TP PKK Wajak, Fitri Setyowati Purwoto, mengatakan bahwa Lomba Balita Sehat ini merupakan program dari TP PKK Wajak tahun 2022, yang sebelumnya belum terlaksana lantaran Pandemi Covid-19. “Kegiatan ini diikuti oleh 13 desa di Kecamatan Wajak. Itu artinya, seluruh desa turut andil dalam kegiatan ini dengan mengirimkan masing-masing dua Balita terbaiknya di desanya masing-masing,” kata Fitri Setyowati Purwoto.

Dirinya juga mengatakan, bahwa Lomba Balita Sehat ini terbagi menjadi dua kategori. Seperti, Kelompok usia 6 hinhga 23 bulan dan Kelompok usia 2 hingga 5 Tahun.

“Perlombaan ini juga dalam rangka mensosialisikan serta mengedukasi kepada orang tua, bahwa Pandemi Covid-19, bukan halangan untuk memberikan gizi terbaik kepada Balita. Karena, Balita merupakan aset bangsa di masa yang akan datang,” tegasnya.

Pada kesempatan sama, Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Hj Anis Zaidah Sanusi, menuturkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh TP PKK Wajak, ini sangat bermanfaat untuk memberantas atau meminimalisir stunting. Dengan terus memberikan motivasi dan pengetahuan, maka masyarakat menjadi kian paham.

“Dengan adanya lomba, maka akan membuat anak-anak menjadi kian sehat. Karena, usia Balita merupakan pondasi untuk menjadi generasi penerus yang unggul,”ujar Hj Anis Zaidah Sanusi.

Baca juga :

Dirinya juga mengingatkan, agar para ibu, khusus TP PKK, harusnya tetap telaten, sabar dan ikhlas dalam mensosialisasikan hingga mendidik anak.

Sementara itu, Ketua Tim Juri Lomba Balita Sehat, Firmansyah, menjelaskan bahwa perlombaan ini memiliki beberapa kriteria yang menjadi atensi khusus dari dewan juri. “Enam kriteria yang sudah menjadi ketetapan bersama itu, yakni status gizi, imunisasi gigi, psikologi, tabel anak, tabel ibu dan tabel ayah,” jelas Firmansyah.

Camat Wajak, Purwoto, secara terpisah mengatakan bahwa Pemerintah Kecamatan Wajak sangat mendukung program-program yang dilaksanakan oleh TP PKK Wajak. Dengan saling sinergi, diharapkan setiap program positif untuk masyarakat, akan terlaksanakan dan maksimal disampaikan dan tersosialisasikan kepada masyarakat.

“Kami akan terus mendukung dan mendorong kegiatan atau program yang sudah dilakukan TP PKK. Terlebih, seperti langkah atau kegiatan pencegahan stunting ini. Dengan sisialisasi dan penyampaian informasi yang tepat, maka akan memberikan dampak positif kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam Kelompok usia 6 hingga 23 bulan, untuk Juara 1 diraih M Alwy Hafiz Mauludin (Desa Sumberputih), Juara 2 diraih Akhtar Nizama (Desa Ngembal), Juara 3 diraih Novita Almira (Desa Codo), Harapan 1 diraih Alfiya Maqrifatunisa (Desa Bambang), Harapan 2 diraih Akhtar Andaru El Chairi (Desa Dadapan) dan Harapan 3 diraih Nois Ravindra (Desa Sukoanyar).

Sedangkan Kelompok usia 2 hingga 5 Tahun, Juara 1 diraih Ahmad Qiandra Sholeh Hudin (Desa Kidangbang), Juara 2 diraih M Ammar Musyafa (Desa Sukolilo), Juara 3 diraih Muhammad Abi Zain J. (Desa Wonoayu), Harapan 1 diraih Muhammad Andra Al Tezza (Desa Patokpicis), Harapan 2 diraih Muhammad Reza Ardiansyah (Desa Ngembal) dan Juara Harapan 3 diraih Radeea Yura Eka Chalta F (Desa Bambang). (cw1/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.