Connect with us

KREATIF MASYARAKAT

Nasi Gegok Khas Trenggalek, Kuliner Murah Meriah nan Nikmat

Diterbitkan

||

Nasi Gegok Khas Trenggalek, Kuliner Murah Meriah nan Nikmat
KHAS: Nasi Gegok, yang merupakan salah satu makanan khas Trenggalek. (memontum.com/mil)

Memontum Trenggalek – Berkunjung ke Kabupaten Trenggalek, tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati beberapa sajian kuliner. Salah satu makanan yang wajib dicoba dan dinikmati saat ke Kota Keripik Tempe, ini tidak lain adalah Nasi Gegok. Apa itu Nasi Gegok, berikut ulasannya.

Nasi Gegok lebih dikenal sebagai makanan khas wilayah Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek. Umumnya, Nasi Gegok terdiri nasi dengan tambahan sambal dan lauk yang dibungkus menggunakan daun pisang.

Isian Nasi Gegok, biasanya dari sambal ikan teri.

Namun, ada juga yang menambahkan isian lain seperti ikan tuna dan ati ampela ayam. Aroma daun pisang dari Nasi Gegok seusai dikukus, ini memberikan sensasi yang menggugah selera. Selain rasanya yang enak, harganya pun cukup ramah di kantong.

Seporsi Nasi Gegok, hanya dihargai dengan harga sekitar Rp 3 ribu. Penikmat kuliner, juga bisa menambahkan sendiri lauk lain saat menyantap Nasi Gegok. Mulai dari tahu bulat hingga sajian ringan seperti tempe goreng.

Baca juga:

Salah satu penikmat kuliner, Mega, mengatakan bahwa bagi pecinta makanan pedas, sangat wajib mencicipi sajian menu Nasi Gegok. “Saya kebetulan pecinta pedas. Jadi bagi siapapun yang suka makanan-makanan pedas, bisa mencoba menu Nasi Gegok ini,” kata Mega, Minggu (08/01/2023) siang.

Meski harganya terbilang murah, namun seporsi Nasi Gegok, ini cukup untuk mengganjal perut. Bahkan dengan uang Rp 5 ribu, penikmat kuliner bisa mendapatkan seporsi Nasi Gegok beserta lauknya.

“Harganya memang murah. Namun untuk rasanya, sangat mantap. Apalagi, ditambah pemandangan sekitar yang sejuk. Wajib deh cobain Nasi Gegok khas Trenggalek ini,” imbuhnya.

Ada beberapa pilihan warung Sego Gegok, yang bisa dicoba jika berkunjung ke Trenggalek. Yaitu, Warung Gegok Mbah Tumirah, Warung Kopi Deplok Mbah Wito dan Warung Gegok Tuna Mantab.

Untuk membuat Nasi Gegok ini, tidaklah sulit. Bahan-bahan yang diperlukan, pun juga hanya beras dan sambal teri, tuna atau ati ampela serta daun pisang sebagai pembungkus. Pertama-tama, beras dimasak dahulu hingga setengah matang (karon). Setelah itu, nasi setengah matang dibungkus dengan daun pisang dan ditambahkan sambal, seraya kemudian dikukus hingga matang.

Nasi Gegok yang dijual disepanjang jalan utama Trenggalek-Bendungan, ini cukup banyak peminat. Terbukti dalam sehari, Warung Gegok Tuna Mantab misalnya, bisa menjual sekitar 200 lebih porsi. Belum lagi, jika hari libur maupun weekend, warung ini bisa menjual sekitar 300 atau lebih porsi.

Bagaimana? tertarik untuk mencoba sajian Nasi Gegok khas Trenggalek. Dijamin rasanya Mantul (mantab betul) dan ingin nambah lagi dan lagi. (mil/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *