Connect with us

SEKITAR KITA

P3-TGAI BBWS Brantas Monitor Pekerjaan Padat Karya Irigasi Tersier di Situbondo

Diterbitkan

||

P3-TGAI BBWS Brantas Monitor Pekerjaan Padat Karya Irigasi Tersier di Situbondo

Memontum Situbondo – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air lrigasi (P3-TGAI) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di 84 titik yang terdiri dari 16 kecamatan se-Kabupaten Situbondo, Sabtu (23/07/2022) tadi. Adalah pekerjaan berupa padat karya jaringan irigasi tersier itu yang dicanangkan oleh BBWS Brantas Jawa Timur Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air II, yang dianggarkan melalui APBN, yang menjadi jujugan Monev.

Ketua Tim Monitoring P3TGAI BBWS Brantas Jatim, Wahyu Edi Nugroho, menjelaskan bahwa dari beberapa titik Monev, salah satunya ada di wilayah Desa Panji Lor, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo. Sementara program yang dikerjakan, sifatnya adalah kegiatan padat karya yang melibatkan semua elemen masyarakat.

“Tujuan program ini untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsungnya, perekrutan tenaga kerja dan secara tidak langsungnya, adalah saluran irigasi menjadi lebih baik untuk mengairi area persawahan lebih maksimal,” ungkapnya.

Baca juga :

Ditempat yang sama, Kades Panji Lor, H Achmad Bukhori, juga menyampaikan bahwa kegiatan P3-TGAI di desanya sangatlah bermanfaat bagi lahan pertanian. “Dikarenakan saluran irigasi dapat meminimalisir air yang merembes dan dapat mengairi sawah dengan maksimal kurang lebih 20 hektar yang dapat manfaatnya,” jelasnya.

Selain di Desa Panji Lor, Tim Monev BBWS Brantas Jatim juga melakukan monitoring ke Desa Juglangan, Kecamatan Panji. Kedatangan mereka, juga disambut baik oleh para petani dan Kades setempat. Bahkan, Kades Juglangan, Subagyo, mengatakan bahwa Program P3 TGAI Desa Juglangan sangatlah bermanfaat khususnya bagi petani desa. (her/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.