Connect with us

Jombang

Paripurna Penyampaian Jawaban DPRD Jombang mengenai Dua Raperda, Dewan Dukung Penyertaan Modal untuk Perumda

Diterbitkan

||

Paripurna Penyampaian Jawaban DPRD Jombang mengenai Dua Raperda, Dewan Dukung Penyertaan Modal untuk Perumda

Memontum JombangDPRD Kabupaten Jombang menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban DPRD Kabupaten Jombang, terhadap Pemandangan Umun Bupati Jombang tentang dua Raperda hak inisiatif DPRD Jombang Tahun 2022, Kamis (19/05/2022) tadi. Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Jombang, H Mas’ud Zuremi, yang bertempat di Ruang Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Jombang.

Hadir dalam paripurna itu, Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, Forkopimda Kabupaten Jombang, 40 orang anggota DPRD Kabupaten Jombang, Sekda Kabupaten Jombang, Asisten serta Kepala OPD

Wakil Ketua DPRD, Donny Anggun, dalam kesempatan itu memberikan penghargaan dan terima kasih atas sumbangsih pemikiran dan dukungan penuh dari Bupati Jombang, yang telah disampaikan dalam pemandangan umum. “Memperhatikan dengan seksama berbagai saran, pendapat serta harapan Bupati Jombang. Maka dalam kesempatan ini, perlu kami sampaikan jawaban DPRD Kabupaten Jombang, atas Pemandangan Umum Bupati Jombang terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penyertaan modal Pemerintah Daerah kepada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Seger dan Perumda Perkebunan Pangklungan,” ujarnya

Tujuan didirikannya Perumda Aneka Usaha Seger, tambahnya, untuk mengembangkan layanan bisnis kesehatan (klinik, apotek dan Laboratorium) dan percetakan dengan memberikan manfaat layanan serta edukasi terkait kesehatan kepada masyarakat sesuai ketentuan Pasal 7 Peraturan Pemerintah nomor 54 Tahun 2017.

“Saat ini Perumda Aneka Usaha Seger bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, Kapitasi klinik pratama seger mencapai 11.200 peserta. Selain itu, Perumda Aneka Usaha Seger juga memberikan pelayanan dalam hal percetakan serta mengembangkan bisnis perdagangan umum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Jombang,” tuturnya.

Baca juga:

Perolehan laba Perumda Aneka Usaha Seger pada akhir 2021, tercatat secara audit KAP sebesar Rp 181.410.910. Sehingga, dapat memberikan kontribusi PAD sebesar Rp 99.776.001 serta mengalami kenaikan laba sebesar 343 persen. Perbaikan kinerja terus menerus dilakukan dengan cara pembenahan Internal SDM (baik mental maupun etos kerja), fungsi dan tanggung jawab setiap SDM, efisiensi biaya serta menyesuaikan aturan baru dengan pola bisnis Perumda Aneka Usaha Segar.

“Secara year on year, perkembangan bisnis Perumda Aneka Usaha Seger di triwulan pertama tahun 2022, menunjukkan tren positif dengan kenaikan laba lebih dari 100 persen pada Maret 2022,” ungkapnya.

Sedangkan Perumda Perkebunan Pangklungan, ujarnya, penghasilan utamanya hanya didapat dari hasil tanaman yang sudah lama. Sehingga, berkurang produktifitas serta bergantung pada kondisi iklim dan pasar. Adanya suntikan anggaran penyertaan modal  dari pemerintah daerah, diharapkan Perumda Perkebunan Pangklungan bisa membuat inovasi usaha baru sebagai pendukung usaha perkebunan tanpa meninggalkan marwah perkebunan ya g sudah ada.

“Penyertaan modal pada Perumda perkebunan Pangklungan rencananya akan dipergunakan untuk membangun sarana dan prasaranan yang bisa segera menjadi sumber penghasilan perkebunan dan meningkatkan PAD. Pengelolaan dana penyertaan modal nantinya harus dilakukan secara profesional, transparan dan akuntabel. Sehingga, penggunaan dana dapat dipergunakan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan dan berhasil mengembangkan bisnis BUMD,” paparnya.

Adanya harapan Bupati Jombang agar rencana penyertaan modal dapat meningkatkan mutu dan kualitas pada Perumda perkebunan Pangklungan dan Perumda Aneka Usaha Seger, tambahnya, adalah sejalan dengan harapan DPRD Jombang, dalam mendukung peningkatan kinerja dan pengembangan usaha pada dua Perumda tersebut. Sehingga, dua Perumda tersebut mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jombang.

“Kami juga berharap, Bupati beserta jajaran nantinya mendukung upaya pengembangan usaha BUMD yang ada di Kabupaten Jombang dengan memakai produk-produk yang dihasilkan oleh BUMD. Upaya promosi terhadap produk-produk usaha BUMD, harus terus menerus dilakukan serta mendapatkan dukungan sekaligus pembinaan dari Pemerintah Daerah. Dengan adanya upaya tersebut, diharapkan produk-produk usaha BUMD, semakin dikenal oleh masyarakat dan mampu bersaing dengan produk-produk dari daerah lain,” paparnya. (azl/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.