Kabupaten Malang

Partisipasi Menjaga Ketahanan Pangan di Kabupaten Malang, Bupati Sanusi Apresiasi Kelompok Sanare Fish Farm

Diterbitkan

-

Partisipasi Menjaga Ketahanan Pangan di Kabupaten Malang, Bupati Sanusi Apresiasi Kelompok Sanare Fish Farm

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi, menghadiri Panen Raya Ikan di kawasan Perikanan Kelompok Sanare Fish Farm di Jalan KH Ach Dahlan, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Senin (22/05/2023) siang. Perlu diketahui, bahwa sejak 2020 Dinas Perikanan Kabupaten Malang memberikan Program Bantuan Budidaya Ikan Nila. Sistem budidaya ini, merupakan inovasi yang berbasis sistem kawasan yang terintegrasi dengan pemanfaatan lahan pedesaan yang bernama Budidaya Nila Sistem Kawasan di Kabupaten Malang (Dini Siswa Malang).

Dalam sambutannya, Bupati Malang mengucapkan selamat kepada para petani ikan yang tergabung dalam Kelompok Sanare Fish Farm, atas dilaksanakannya Panen Raya Ikan. Selain menjadi hasil kerja keras dari budidaya ikan di Desa Sananrejo, panen ini merupakan bagian dari keterlibatan masyarakat secara aktif dalam mendukung upaya pemerintah guna mewujudkan kedaulatan pangan di Kabupaten Malang.

“Mudah-mudahan hasil panen ikan kali ini akan mengalami peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya,” kata Bupati Sanusi.

Baca juga :

Advertisement

Pemerintah Kabupaten Malang, tambahnya, telah memberikan hibah Paket Kawasan Budidaya Nila sejumlah 65.000 ekor benih dan 11.640 kg pakan. Dengan hasil yang sudah dipanen sementara mencapai 62 ton dengan ukuran 4 Hinga 5 perkilogram dengan harga Rp 25 ribu.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemkab Malang berkomitmen untuk terus mendorong perkembangan produksi pangan lokal melalui berbagai kebijakan dan program yang bersifat inovatif. “Saya berharap kepada kepala desa, agar senantiasa melakukan pendampingan kepada seluruh kelompok tani. Tidak hanya dari sektor perikanan, tetapi juga pertanian. Mengingat, Desa Sananrejo ini juga memiliki potensi unggulan lain, seperti padi, jagung dan budidaya jamur. Harapannya, ada pendampingan yang diberikan sehingga dapat menjadi trigger bagi masyarakat Desa Sananrejo untuk semakin produktif dan berdaya saing,” ujar Bupati Malang.

Tidak hanya itu, Bupati Malang berpesan agar dapat memberikan kesempatan bagi kelompok tani untuk memperoleh akses permodalan, melalui kerja sama dengan koperasi, perbankan maupun lembaga pembiayaan lainnya. Tujuannya, yakni sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan bisnis pertanian di Desa Sananrejo. Sehingga lebih optimal, dan mampu menjadi penggerak perekonomian masyarakat. (pro/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Harap izinkan iklan di situs kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokir iklan. Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda.

Refresh Page
x
Lewat ke baris perkakas