Kediri

Pastikan LPG 3 Kg Terisi Sesuai Standard, Pemkot Kediri Rutin Lakukan Monitoring

Diterbitkan

-

MONITORING: Pelaksanaan monitoring yang dilakukan Pemkot Kediri. (pemkot for memontum)

Memontum Kota Kediri – Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri rutin menggelar monitoring volume tabung LPG 3 kilogram atau tabung gas melon. Pemandangan itu, seperti yang terlihat sejak Senin (10/06/2024) hingga Selasa (11/06/2024) tadi.

Pemantuan secara berkala itu dilakukan, pada dua lokasi pangkalan tabung gas. Yakni, di PT Surya Adhi Lestari Kelurahan Ketami dan PT Lirboyo Insan Global Kelurahan Blabak.

Kepala Disperdagin Kota Kediri, Wahyu Kusuma Wardani, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT), khususnya pelaku usaha SPBE. “Berdasarkan surat dari Kementerian Perdagangan Direktorat Metrologi, yang mana saat ini sedang mengumpulkan data pengujian LPG 3 kg sebagai bahan evaluasi dan analisa untuk menentukan pola pembinaan atau tindak lanjut yang sesuai untuk pelaku usaha SPPBE/SPBE,” katanya, Selasa (11/06/2024) tadi.

Baca juga :

Advertisement

Lebih lanjut disampaikan, bahwa penyiapan evaluasi dan analisa tersebut membutuhkan data hasil pengujian BDKT LPG 3 kg, yang dilakukan oleh petugas atau pengawas kemetrologian yang berada kabupaten atau kota. Di samping itu, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk menjamin kenyamanan konsumen dan menegakkan tata tertib niaga.

“Monitoring ini kami lakukan rutin selain menindaklanjuti dari surat Kemendag, juga sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen utamanya dalam hal tabung gas elpiji ini,” ujarnya.

Dari hasil pemantuan, tidak didapati kecurangan-kecurangan pengisian volume tabung gas. Meski demikian, pihaknya akan terus melakukan monitoring secara berkala, guna memastikan semua tetap sesuai standardisasi. (kom/pan/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas