Connect with us

SEKITAR KITA

Pataka Provinsi Jatim Jer Basuki Mawa Beyo Singgah di Kabupaten Trenggalek

Diterbitkan

||

Pataka Provinsi Jatim Jer Basuki Mawa Beyo Singgah di Kabupaten Trenggalek
KIRAB: Suasana Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beyo di Trenggalek. (memontum.com/mil)

Memontum Trenggalek – Peringatan Ke-77 Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Pataka Jer Basuki Mawa Beyo dikirab ke 38 kabupaten atau kota yang ada di Jatim. Salah satunya, adalah seperti yang terlihat di Kabupaten Trenggalek. Rencananya, setelah diterima oleh Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, lambang Provinsi Jatim tersebut akan singgah semalam di Bumi Menaksopal Trenggalek.

Menerima Pataka ini, Wabup Syah merasa bangga karena Kabupaten Trenggalek, menjadi bagian dalam peringatan Ke-77 Hari Jadi Provinsi Jatim. “Alhamdulillah, hari ini Kabupaten Trenggalek menerima kirab Pataka dari Kabupaten Tulungagung dalam rangka peringatan hari jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur,” ucap Wakil Bupati Trenggalek, seusai menerima Pataka Jer Basuki Mawa Beyo di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Minggu (25/09/2022) siang.

Mantan Anggota DPRD Trenggalek itu berharap, dalam momentum ini bisa membawa berkah bagi seluruh masyarakat di Jawa Timur. “Mari kita sama-sama berdoa semoga di momentum ulang tahun ke-77 Jawa Timur, ini benar-benar membawa keberkahan dan kebahagiaan khususnya untuk seluruh masyarakat Jawa Timur dan untuk seluruh masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Setelah dari Trenggalek, Kasatpol PP akan mengantar Pataka ke Pacitan. Kemudian dari Pacitan, rencananya ke Ponorogo dan kabupaten-kabupaten seterusnya.

“Kita (Kabupaten Trenggalek) termasuk kabupaten ke-20,” kata Wabup Syah.

Baca juga:

Sementara itu, Kasatpol PP-PPK Trenggalek, Triadi Admono, menyampaikan jika kegiatan ini masih merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Provinsi Jatim ke 77. “Jadi pada hari ini Satpol PP Trenggalek, menerima kirab pataka dari Satpol PP Tulungagung. Ini merupakan momentum rangkaian hari jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur,” jelasnya.

Yang di kirab, sambungnya, adalah lambang daerah Provinsi Jawa Timur. Rangkaiannya kali ini, Kasat Satpol PP Tulungagung selain menyerahkan pataka juga menyerahkan Ripta Prasasti (prasasti yang ditulis di atas daun lontar atau daun tal).

“Yang dibacakan oleh Bupati di masing-masing kabupaten/kota. Begitu juga nanti dari Trenggalek ke Pacitan,” tegas Triadi.

Dengan slogan Jatim Bangkit yang digaungkan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, diharapkan dapat menambah semangat untuk Trenggalek bisa bangkit dan pulih lebih cepat. Direncanakan, pataka ini akan dikirab ke-38 Kabupaten/kota yang ada dengan jarak tempuh 2 ribu km. Berangkat Jumat (16/09/2022) lalu, saat launching rangkaian kegiatan Ke-77 Hari Jadi Jawa Timur dan dijadwalkan akan kembali ke Gedung Negara Grahadi 11 Oktober 2022 nanti.

“Sebelum sampai di Trenggalek, Pataka Jer Basuki Mawa Beyo diterima dari Kota Blitar ke Kabupaten Tulungagung. Kemudian hari ini, dierahkan ke Trenggalek. Alhamdulillah, semuanya berjalan baik dan lancar dengan harapan tentunya Jatim ini optimis bangkit sesuai dengan motonya Jatim Bangkit,” paparnya.

Pataka Jer Basuki Mawa Beyo sendiri dikirab dari Pendopo Kongras Arum Kusumaning Bangsa, Kabupaten Tulungagung menuju Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek. Dan rencananya akan dikirab kembali ke Kabupaten Pacitan pada Senin (26/09/2022) besok. Trenggalek sendiri merupakan kabupaten ke 20 yang disinggahi Pataka Jer Basuki Mawa Beyo Jawa Timur. (mil/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.