Connect with us

SEKITAR KITA

Resmikan Wisata Plumpung Garden Tulungagung, Wabup Gatot Harapkan Kemandirian untuk Bangkitkan UMKM

Diterbitkan

||

Resmikan Wisata Plumpung Garden Tulungagung, Wabup Gatot Harapkan Kemandirian untuk Bangkitkan UMKM

Memontum Tulungagung – Desa Gesikan, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, kini memiliki objek wisata baru yaitu Plumpung Garden. Pemkab Tulungagung optimis, dengan adanya lokasi destinasi wisata itu, akan mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Kami juga sudah memberikan kontribusi program, untuk tambahan paving di sebelah Selatan. Kami yakin, dengan adanya seperti ini bisa menumbuhkan ekonomi kerakyatan,” ungkap Wakil Bupati Tulungagung, Gatot Sunu, selepas peresmian Plumpung Garden, Minggu (25/09/2022) tadi.

Di dalam wisata Plumpung Garden, tambahnya, banyak diisi oleh produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari masyarakat sekitar. Secara tidak langsung, ini akan menambah ekosistem jual beli di lingkungan setempat. “Pemerintah Kabupaten Tulungagung mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Gesikan. Juga, kepada Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur yang selalu menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik,” ujar Wabup Tulungagung.

Baca juga:

Gatot Sunu menambahkan, ke depan agar ada kemandirian di Desa Gesikan. Sehingga kelak, bisa memberikan contoh bagi seluruh desa di Tulungagung, guna membangkitkan UMKM melalui objek wisata. Sehingga, bisa menarik kontrobusi kepada daerah masing-masing.

“Sehingga, ada pemberdayaan ekonomi yang tumbuh. Dengan begitu, ekonomi berjalan sesuai apa yang kita harapkan,” jelas pria asal Kecamatan Bandung ini.

Anggota Komisi D yang membidangi Pembangunan DPRD Jawa Timur, Guntur Wahono, mengapresiasi pembukaan wisata ini. Menurutnya, masyarakat sudah mempunyai inisiasi terhadap pengembangan ekonomi. “Kami akan melihat produksi mereka masing-masing, kalau perlu disupport dari anggaran APBD provinsi. Kami akan melihat dan nanti akan kita bantu,” ungkap Guntur Wahono.

Guntur mengatakan, nantinya akan ada penambahan UMKM. Pihaknya yakin, produksi masyarakat, produk UMKM tidak hanya ini, pada kesempatan berikutnya akan bertambah. “Dari situ saya minta waktu pada pemerintah desa, nanti kapan reses bersama dalam rangka pengembangan ekonomi kerakyatan, khusus untuk Desa Gesikan, Kecamatan Pakel,” ujarnya. (jaz/and/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.