Connect with us

Kota Malang

Pembangunan Islamic Center Tahap I Diresmikan Wali Kota Malang

Diterbitkan

||

 

Memontum Malang Kota – Gedung Islamic Center diresmikan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji, Rabu (30/12) tadi. Turut hadir dalam pelaksanaan itu, Wakil Wali Kota, Sofyan Edi Jarwoko, Sekda, Wasto, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, Kepala DPUPRPKP, Hadi Santoso dan jajaran Forkopimda.

Proyek yang dibangun di atas lahan seluas lebih 5 hektar ini, sebenarnya masih belum bisa dikatakan rampung sepenuhnya. Karena untuk sementara, hanya gedung serba guna saja yang baru bisa dimanfaatkan.
“Meski masih tahap awal, Islamic Center sudah memberikan fasilitas perkantoran bagi beberapa lembaga keagamaan dan instansi yang terkait. Termasuk imigrasi, nanti akan kami berikan hibah ke Kemenag disini juga,” kata Sutiaji.
Wali Kota Malang menambahkan, Islamic Center perlu dimanfaatkan dengan optimal. “Sehingga akan semaraklah kegiatan-kegiatan dan pemfungsian dari gedung yang ada. Karena tanggung jawab moral kita bukan hanya membangun, tapi memanfaatkan dan merawat,” paparnya.
Sutiaji berharap, jika diizinkan oleh Ketua DPRD dan kepala terkait, Kantor Polsek Kedungkandang dan Koramil akan digeser ke wilayah Islamic Center. “Jadi nanti bisa bersanding, ada Imigrasi, Kemenag, dan ada yang ngawal (TNI dan Polri). Nanti kita juga buat parkir terpadu, dimana hasil dari situ untuk pengelolaan gedung Islamic Center,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, mengatakan ada sinergi di situ. Karena masih ada yang bisa dimanfaatkan secara optimal dari gedung itu,” ujarnya. Dirinya pun menginginkan, pihak Pemkot kedepannya memperhatikan juga lembaga minoritas yang belum memiliki kantor. “Bagaimana kita hadirkan juga, kalau bisa di gedung Islamic Center kita buatkan. Itu pasti akan lebih baik,” ucap Made.

Proyek pembangunan gedung Islamic Center tahap 1 ini sendiri bernilai kontrak setelah addendum sebesar Rp53.726.806.000. Dibangun 2 lantai, pelaksana proyek dipegang oleh PT Mega Bintang Abadi. (cw1/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.