Connect with us

SEKITAR KITA

Pemerintah Jepang Bantu Rumah Bersalin untuk Puskesmas Sumbermalang Situbondo

Diterbitkan

||

Pemerintah Jepang Bantu Rumah Bersalin untuk Puskesmas Sumbermalang Situbondo
TINJAU: Konjen Jepang di Surabaya, Mr Takeyama Kenichi, saat melakukan peninjauan pembangunan rumah bersalin di Puskesmas Kecamatan Sumbermalang, Situbondo. (memontum.com/her)

Memontum Situbondo – Pemerintah Jepang secara resmi menyalurkan bantuan rumah bersalin untuk Puskesmas Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Rabu (27/07/2022) tadi. Bantuan itu, diserahkan langsung Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang, Mr Takeyama Kenichi, kepada pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdinkes) Kabupaten Situbondo, Rina Widhardarini, serta Kepala Puskesmas Sumbermalang.

Disampaikan Sekdinkes Situbondo, bahwa berterimakasih atas bantuan yang diserahkan oleh Konsulat Jendral Jepang di Surabaya, atas bantuan pembangunan Rumah Bersalin di Puskesmas Sumbermalang, Kabupaten Situbondo. “Kami patut mengucapkan terima kasih kapada LSM Pusat Studi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSPSDM) Mataram. Terutama, kepada Nur Akhmad Yani yang telah membantu kami dalam pengusulan dan proses pembangunan Rumah Bersalin ini,” ujar Rina.

Masih menurut Rina, pembangunan Rumah Bersalin tersebut memiliki manfaat yang besar bagi keluarga besar Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, bersama puskesmas. Ini karena, akan kian mengoptimalkan pelayanan kesehatan.

“Terutama, dalam melayani kasus-kasus kebidanan, khususnya untuk ibu hamil, persalinan, bayi dan balita. Ini juga bisa mencegah atau menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB),” ungkap Rina.

Baca juga :

Rina juga berharap, pembangunan Rumah Bersalin ke depan bisa terus di kembangkan di daerah terpencil lain di Kabupaten Situbondo. Khusus di Kecamatan Sumbermalang, tercatat mempunyai sembilan desa, dimana lima desa diantaranya termasuk desa yang terpencil dan susah untuk akses karena kondisi jalan yang rusak.

“Di sini ada dua desa yang berlokasi di pegunungan, persis terletak di sebelah barat Puskesmas Sumberalang,” terang Rina.

Sebelum ada pembangunan Rumah Bersalin, sambung Rina, layanan ibu hamil dan ibu bersalin di Puskesmas Sumbermalang, kurang maksimal. Itu karena, sarana dan prasarana yang ada kurang memadai. Sehingga, sering merujuk pasien ke Rumah Sakit Umum Besuki dan Rumah Sakit dr Abdoer Rahem Situbondo.

“Sejak diresmikan 31 Juli 2019 silam, Rumah Bersalin ini sudah dimanfaatkan untuk proses persalinan sebanyak 27 kali hingga akhir tahun 2019. Pada tahun 2020, melayani 62 kali persalinan tahun 2021 juga melayani 60 kali persalinan. Terakhir pada tahun 2022 hingga bulan Juli sudah ada 28 persalinan,” tutur Rina.

Selain untuk menolong persalinan, Rumah Bersalin tersebut juga berfungsi sebagai pusat pelayanan rawat inap bagi ibu hamil, anak bayi dan balita. Adapun jumlah pelayanan selama di tahun 2019, tercatat ada 77 pasien rawat inap, tahun 2020 ada 195 pasien, tahun 2021 ada 192 Pasien dan tahun 2022 hingga Juli ada 74 pasien. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.