Connect with us

Lumajang

202 Penyitas Erupsi Semeru Menerima Kunci Hunian Relokasi Tahap II

Diterbitkan

||

202 Penyitas Erupsi Semeru Menerima Kunci Hunian Relokasi Tahap II

Memontum Lumajang – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, menyerahkan secara simbolis kunci hunian tetap dan hunian sementara tahap II kepada penyitas bencana erupsi Gunung Semeru di kawasan relokasi, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Rabu (27/07/2022) tadi. Selain kunci, para penyitas juga mendapatkan SK Bupati Lumajang dan paket bantuan dari PKK Peduli yang berisi perlengkapan salat dan perlengkapan pribadi.

Bupati Thoriqul Haq menjelaskan, hunian relokasi yang diserahkan kepada para penyitas sudah siap dihuni, artinya sudah dilengkapi dengan beberapa perabotan rumah tangga dan perlengkap lainnya. “Kami menyiapkan untuk bapak ibu masuk ke rumah itu betul-betul rumah yang siap dihuni. Sudah ada kasurnya, ada lemarinya ada pakaiannya juga, kamar mandi juga sudah siap, ini sudah siap ditempati,” jelasnya.

Selanjutnya, bupati yang akrab disapa Cak Thoriq itu juga berpesan, agar rumah yang sudah diberikan, dimanfaatkan secara pribadi, tidak untuk disewakan apalagi untuk dijual. Dirinya menegaskan akan mencabut SK yang sudah diberikan apabila terdapat oknum yang terbukti memindahtangankan rumah relokasi.

Baca juga :

“Saya pesan betul, jangan dijual, kalau ada yang ketahuan dan terbukti menjual nanti saya cabut SKnya. Rumahnya harus ditempati,” tambahnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, melaporakan sesuai dengan arahan Bupati Lumajang, percepatan pemindahan penyitas erupsi Gunung Semeru merupakan prioritas untuk penanganan pasca bencana. “Ini merupakan percepatan yang jadi prioritas untuk para penyitas erupsi Gunung Semeru, sesuai arahan Pak Bupati penyitas ini untuk segera dipindahkan,” ujarnya.

Di sisi lain, salah satu warga yang menerima kunci hunian relokasi, Ngateno mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang yang telah memberikan tempat tinggal untuk masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Ia pun mengaku senang bisa kembali berkumpul dengan keluarga di rumah sendiri. “Terima kasih Pak Bupati, saya senang sudah punya rumah lagi,” katanya. (kom/adi/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.