Connect with us

Kabupaten Malang

Pemkab Malang Lakukan Hibah Tanah untuk Kampus IV UIN Malang

Diterbitkan

||

Pemkab Malang Lakukan Hibah Tanah untuk Kampus IV UIN Malang

Memontum Malang – Pemerintah Kabupaten Malang tidak ingin setengah-setengah dalam menjalankan komitmen guna mengembangkan sektor pendidikan. Komitmen tersebut dibuktikan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di Gedung Rektorat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jumat (26/08/2022) tadi.

Dalam kesempatan ini, tanda tangan dilakukan antara Bupati Malang, HM Sanusi, Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Prof Dr H Nizar Ali, MAg dan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sesuai rencana, bahwa pembangunan Kampus IV UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, memanfaatkan lahan seluas 16 hektare di Kelurahan Sedayu, Kecamatan Turen.

“Sebagaimana instruksi dari Presiden RI Joko Widodo, prioritas pembangunan difokuskan pada tiga sektor yaitu pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi. Hibah tanah ini digunakan untuk pembangunan Kampus IV sebagai salah satu pendongkrak dari sektor pendidikan,” kata Bupati Sanusi.

Baca juga :

Dirinya berharap, pembangunan kampus IV UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dapat memberikan manfaat bagi pembangunan di Kabupaten Malang. “Alhamdulillah, upaya pembangunan (pada sektor pendidikan) ini juga mendapat respon dari almamater saya (UIN Malang) setelah sebelumnya UB yang sudah berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan di Kepanjen, Unisma di Karangploso, UMM di Dau, dan juga UM di Pakis,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Dr H M Zainuddin, MA, menyampaikan bahwa pihaknya bakal segera mengambil langkah cepat untuk memulai pekerjaan fisik guna pembangunan Kampus IV di Turen tersebut. “Bapak bupati telah berkomitmen memberikan hibah tanah untuk kepentingan pendidikan dengan proses yang cepat sekali, baik mulai dari koordinasi sampai pada MoU. Hari ini secara sah dan resmi diserahkan kepada Kemenag RI. Semoga hibah ini dicatat sebagai amal jariyah serta dapat segera dimulai pembangunannya,” tuturnya.

Sebagai informasi, Kampus IV UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut rencananya akan dimanfaatkan untuk pengembangan Fakultas Agrokompleks. Di dalamnya terdiri dari program studi Peternakan, Pertanian, Perikanan juga kelautan. (cw1/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.