Banyuwangi

Program Bunga Desa, Bupati Banyuwangi Makan bareng Pelajar SD sambil Kenalkan Makanan Sehat

Diterbitkan

-

PROGRAM: Bupati Banyuwangi saat melakukan Program Bunga Desa bersama pelajar SD. (pemkab for memontum)

Memontum Banyuwangi – Serangkaian kegiatan dilakukan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, saat melakukan Program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) di Desa Telemung, Rabu (31/01/2024) tadi. Dalam kesempatan itu pula, Bupati Ipuk juga terlihat sarapan atau makan bareng dengan siswa-siswa SD melalui kampanye hidup sehat lewat konsumsi makanan.

Desa Telemung yang berada di kaki Gunung Ijen, merupakan desa yang dikenal memiliki hawa yang sejuk. Saat tiba di desa itu, Bupati Ipuk menyempatkan diri meninjau pelaksanaan Posyandu Lansia yang ada di desa. Berlanjut, menuju SDN 3 Telemung dengan menempuh jarak sekitar 3 km melewati kawasan perhutanan.

Di lokasi yang dituju itu, Bupati Ipuk lalu menyapa dan mengajak siswa-siswa untuk sarapan bersama dengan menu sayur sop dengan lauk ikan laut, telur rebus dan tahu tempe. “Biasakan, untuk sarapan dahulu sebelum sekolah. Tidak harus dengan nasi dan lauk lengkap, kalau orang tuanya tidak sempat masak. Makan pisang juga bisa atau jagung rebus. Karena, itu juga sarapan bergizi,” kata Bupati Ipuk.

Baca juga:

Advertisement

Dalam kesempatan itu, juga digeber Program Isi Piringku. Para pelajar diberikan pemahaman cara pemenuhan gizi, dengan memperhatikan pedoman Isi Piringku, yakni berapa porsi dan komposisi gizi yang dikonsumsi dalam satu piring.

Bupati Ipuk menambahkan, dengan sarapan sehat itu, maka akan memberikan energi untuk melakukan aktivitas di sekolah. Makan-makanan yang sehat bergizi, harus dipenuhi agar terhindar dari dampak buruk saat usia dewasa. Misalnya, anemia pada anak dan remaja yang berdampak pada penurunan prestasi belajar. Bahkan, anemia bisa menyebabkan masalah kesuburan hingga stunting (gagal tumbuh).

“Karenanya, kita terus mengedukasi agar saparan bergizi bisa menjadi budaya masyarakat, khususnya bagi anak-anak dan remaja. Kita ingin, remaja di Banyuwangi semuanya sehat agar bisa melahirkan generasi yang sehat kelak,” tegas Bupati Ipuk. (kom/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas