Pendidikan

Disperpusip Situbondo Gelar Sosialisasi Pentingnya Naskah Kuno dan Pelestarian

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Situbondo melaksanakan giat sosialisasi peran serta masyarakat dalam penyimpanan, perawatan, pelestarian dan pendataan naskah kuno, di lantai II Aula Kantor Pemkab Situbondo, Rabu (31/01/2024) tadi. Hal ini dilakukan, dalam rangka pengembangan koleksi naskah kuno sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Kepala Disperpusip Kabupaten Situbondo, Didik Sulistiyono, menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk pelestarian dan penyelamatan naskah-naskah kuno yang ada di tengah masyarakat. Dalam hal ini, Disperpusip melakukan penelusuran serta merawat naskah kuno.

Baca juga :

Dijelaskannya, jika sampai saat ini ada sekitar 86 naskah kuno yang telah diselamatkan. Kemudian, naskah tersebut dialih media oleh Disperpusip. Sehingga, apabila rusak, maka ada salinannya copy. Termasuk, salinan dialihkan ke bahasa Indonesia, karena naskah kuno banyak yang pakai bahasa Jawa Kuno dan Bahasa Arab.

Advertisement

“Kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya naskah kuno dan pelestariannya,” ujarnya.

Acara sosialisasi tersebut, diikuti sebanyak 60 orang peserta. Yaitu, terdiri dari perwakilan OPD terkait, perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Situbondo, perwakilan dari kecamatan, kepala desa, perwakilan dari Ponpes, lalu pegiat budaya, komunitas penulis dan pemilik naskah kuno serta tokoh masyarakat. (her/gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas