Connect with us

Bondowoso

Safari Ramadan ke SMPN 1 Tegal Ampel, Bupati Bondowoso Jelaskan Keutamaan Al Quran

Diterbitkan

||

Safari Ramadan ke SMPN 1 Tegal Ampel, Bupati Bondowoso Jelaskan Keutamaan Al Quran

Memontum Bondowoso – Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin, bersama kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Bondowoso, Sugiono Eksantoso, melakukan Safari Ramadan dengan mengunjungi SMPN 1 Tegal Ampel, Kamis (21/04/2022) tadi.

Dalam kesempatan itu, bupati dan Kadisdik meninjau program Literasi Mengaji Al Quran ke sekolah-sekolah yang merupakan program dari Dinas Pendidikan Bondowoso. “Program Literasi mengaji ini mewajibkan para siswa untuk meningkatkan kegiatan keagamaan dengan wajib mengaji Al Quran setiap pagi di setiap sekolah,” kata Bupati Salwa-sapaan Bupati Bondowoso.

Selain itu, tambahnya, di Bulan Ramadan saat ini, di samping kewajiban menjalankan ibadah puasa maupun memperbanyak amalan dengan ibadah-ibadah lainnya, Bupati Salwa juga menjelaskan tentang keutamaan-keutamaan Al Quran.

“Salah satu keutamaan Al Quran adalah sebagai pedoman bagi umat Muslim sejak awal penciptaan sampai hari kiamat nanti. Maka dari itu, saya harapkan agar kepada seluruh warga SMPN 1 Tegal Ampel, agar tidak merasa bosan untuk mempelajarinya,” jelasnya dalam sambutan.

Pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ulum ini juga memberikan apresiasi yang tinggi, terhadap SMPN 1 Tegal Ampel. Karena menurutnya, sekolah yang juga dikenal dengan julukan Spasaga, mampu menciptakan siswa-siswi yang bagus mengaji, tajwid, serta makhrojnya.

Baca juga :

Kepala Sekolah SMPN 1 Tegal Ampel, Noeroel Kumala, mengaku pihak sekolah merasa bangga mendapatkan kunjungan dari orang nomor satu di Pemerintahan Bondowoso tersebut. “Sekolah diberitahu 1 Minggu sebelum hari H, bahwa akan ada kunjungan bupati dan Kadisdik untuk meninjau program Literasi mengaji di lembaga pendidikan Islam Bondowoso. Oleh karenanya, kami siapkan segala keperluannya agar kunjungan bupati tidak mengecewakannya,” kata Noeroel.

Selain meninjau kegiatan Literasi Mengaji, bupati juga ikut memberikan santunan kepada anak yatim di SMPN 1 Tegal Ampel. “Secara keseluruhan ada 304 siswa di sini. Di mana diantaranya, 28 merupakan siswa anak yatim. Barusan bupati memberikan santunan secara simbolis kepada perwakilan 5 anak,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua OSIS SMPN 1 Tegal Ampel, Riski Tri Wahyuni, menyampaikan dirinya sangat bersyukur bisa mendapatkan pengetahuan tentang Al Quran dari apa yang disampaikan oleh Bupati. “Suatu kebanggaan dan kehormatan bagi SMPN 1 Tegal Ampel, karena sekolah kita dikunjungi oleh bapak bupati. Dari dulu, ini tidak pernah dikunjungi oleh bapak bupati seperti tadi,” kata Riski-sapaannya dengan penuh semangat.

Remaja 14 tahun itu berharap, dengan adanya kunjungan dari bupati dan Kadisdik Bondowoso, bisa membuat dirinya serta teman-temannya untuk lebih semangat dalam mempelajari Al Quran. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.