Connect with us

Bondowoso

Sikapi Perekrutan Tenaga Kerja, Wabup Bondowoso Minta PT Charoen Pokphan Indonesia Optimalkan Warga Bondowoso

Diterbitkan

||

Sikapi Perekrutan Tenaga Kerja, Wabup Bondowoso Minta PT Charoen Pokphan Indonesia Optimalkan Warga Bondowoso

Memontum Bondowoso – Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar Rachmat, meminta PT Charoen Pokphan Indonesia Bondowoso, untuk melakukan perekrutan tenaga kerja dari wilayah Bondowoso. Hal itu disampaikannya, karena perusahaan yang berdiri di wilayah Kecamatan Klabang-Bondowoso, itu justru diinformasikan malah bekerjasama dengan pihak Situbondo.

“Dari laporan masyarakat sekitar, perusahaan daging ayam dan sosis, itu merekrut tenaga kerja dari luar Bondowoso. Bahkan, perusahaan tersebut kerja sama dengan BLK Situbondo, untuk melakukan pelatihan tenaga kerja,” ujar Wabup, Kamis (11/08/2022) tadi.

Informasi tersebut, menurut Wabup Bondowoso, diperkuat sesaat setelah melakukan pertemuan dengan manajemen PT Charoen Phokpan. Termasuk, pertemuan dengan melibatkan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bondowoso dan Forkopimca Klabang.

“PT Charoen Phokpan kurang komunikasi dengan Pemkab. Karenanya, terpaksa saya memanggilnya bersama Dinas Perizinan dan Penanaman Modal. Tujuannya, agar PT Charoen tidak hanya mengambil keuntungan dari hanya pendirian perusahaan. Namun, juga memanfaatkan dengan berkontribusi terhadap perekrutan warga sekitar,” paapr Wabup Bondowoso.

Baca juga :

Dari hasil pertemuan itu, terang Wabup, diketahui PT Charoen Phokpan mengaku tidak tahu dengan kerja sama mengenai perekrutan. Dengan alasan, karena yang melakukan komunikasi, seperti dengan BLK Situbondo, adalah vendor atau pihak ketiga.

“Karenanya, Pemkab Bondowoso sudah melakukan teguran. Sehingga, PT Charoen Phokpan diharapkan bisa kerja sama dengan BLK Bondowoso,” kata Wabup.

Sementara itu, Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal, Nunung S, menambahkan jika nantinya dari 94 tenaga kerja yang disiapkan, ada sekitar 72 tenaga kerja berasal dari Bondowoso. Rencana ini, sebenarnya sudah dikomunikasikan.

“PT Charoen Phokpan sudah ada komunikasi dengan Dinas Penanaman Modal, mengenai rencana perekrutan tenaga kerja 72 orang dari Bondowoso,” ujar Nunung S. (sam/zen/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.