Connect with us

Jember

Studi Tiru SPBE, Pemkab Jember dapat Aplikasi Gratis dari Pemkab Sumedang

Diterbitkan

||

Studi Tiru SPBE, Pemkab Jember dapat Aplikasi Gratis dari Pemkab Sumedang

Memontum Jember – Setiap pemerintahan selalu membutuhkan berbagai data atau Big Data yang terintegrasi. Data yang benar dan selalu terbarukan akan mempermudah semua pemangku kebijakan untuk menentukan arah pembangunan.

Untuk kebutuhan itulah, Bupati Jember, Hendy Siswanto, bersama Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD Jember serta sejumlah pimpinan OPD melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sumedang, Rabu (02/01/2022).

Di kota yang terkenal dengan produk tahu kedelainya itu, Bupati dan pimpinan DPRD serta jajaran pimpinan OPD Jember dibuat terperangah. Pasalnya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi infomatika atau sistem digital, semua data terkait kondisi pemerintahan dan masyarakat setempat dapat diakses dengan mudah.

Pada kunjungan tersebut, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, menunjukan kepada Bupati Hendy dan Ketua DPRD, Itqon Syauqi dan Wakil Ketua Ahmad Halim tentang kecangihan Aplikasi e Office dan e Office desa serta Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemkab Sumedang. Dony tidak segan membawa tamu-tamunya home touring ke comand center milik Pemkab Sumedang.

Bupati Hendy memuji kecanggihan teknologi yang dimiliki Pemkab Sumedang. “Kabupaten Sumedang jauh lebih maju dan pelayanan kepada masyarakat juga luar biasa. Oleh sebab itu kami melalukan studi tiru, meniru saja karena Jember perlu speed up atau percepatan,” ujarnya.

Tidak sekedar memuji, Bupati Hendy juga akan mengadopsi inovasi teknologi yang dimiliki Kabupaten Sumedang untuk segera diterapkan di Kabupaten Jember. “Masyarakat (Jember) tidak perlu menunggu lama-lama, mohon izin kepada Bupati Sumedang sehingga apa yang ada di Kabupaten Sumedang akan dicopy paste ke Kabupaten Jember,” tuturnya.

Baca juga :

Pihaknya berharap aplikasi tersebut bisa juga diterapkan di Jember. “Tadi paparan Bupati Sumedang sangat luar biasa terkait E Office dan sistem digitalisasi SPBE sangat luar biasa dan ini semua kami berharap diberikan kepada kami,”sambungnya.

Beruntungnya, Bupati Dony langsung mengizinkan e Office dan aplikasi SPBE milik Pemkab Sumedang diterapkan di Jember. Pada kesempatan tersebut Bupati Hendy dan Bupati Dody menanda tangani nota kerjasama dua kabupaten. Harapannya terjadi kolaborasi antar Pemkab Jember dan Pemkab Sumedang. “Subtansinya saling belajar, saling berbagi di Jember banyak kelebihannnya Insyallah kami praktekan,” ujar Bupati Dony.

Pihaknya dengam senang hati jika aplikasi itu juga diterapkan di Jember. “Di Sumedang kami punya e Office dan e Office desa. Alhamdulillah diimplementasikan di Jember dengan senang hati kami akan memberikan aplikasi tersebut sehingga dapat diaplikasikan di Jember. Kami pun akan belajar di Jember berkaitan dengan Sumedang Carnival,” ujarnya.

Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi menyambut baik upaya yang dilakukan BupatI Hendy untuk mempercepat program digitalisasi data. “Sebagai legislatif tentunya kita sangat mendukung upaya positif yang dilakukan bupati. Kembali lagi inikan demi masyarakat Jember, aplikasi yang dimiliki Sumedang ini sangat baik. Sehingga akan kita dorong agar secepat mungkin diaplikasikan,” katanya.

Sebagai informasi, hanya dengan gawai seperti smartphone atau telepon pintar yang dimiliki, warga setempat bisa mengakses setiap data yang dibutuhkan. Kemudahan akses data tersebut berkat inovasi Bupati Sumedang Dony yang telah menerapkan secara optimal SPBE. Inovasi tersebut mengantarkan Kabupaten Sumedang memperoleh penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri, sebagai kabupaten terinovatif dalam Innovative Government Award (IGA) 2021 yang digelar para bulan Desember 2021 lalu.

“Canggih banget SPBE di Pemkab Sumedang sehingga Pak Bupati memerintahkan kami untuk segera membentuk tim dalam untuk diaplikasikan di Jember,” ujar Kepala Diskominfo Bobby Arie Sandy yang ikut mendampingi kunjungan kerja bupati. (rio/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.