Connect with us

Lamongan

Terima Audiensi FKUA Surabaya, Pemkab Lamongan Komitmen Tangani Kesehatan Jiwa

Diterbitkan

||

Terima Audiensi FKUA Surabaya, Pemkab Lamongan Komitmen Tangani Kesehatan Jiwa

Memontum Lamongan – Bertempat di Guesh House Pemkab Lamongan, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, menerima audiensi dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Audiensi yang dipimpin dr Herlin Ferliana tersebut, sebagai bentuk kerja sama pengabdian masyarakat antara FKUA angkatan 1982 dengan Pemkab Lamongan, dalam rangka penguatan penanganan kesehatan jiwa berkelanjutan kolaborasi untuk negeri bersama Lesung Si Panji.

Dijelaskan Bupati Yuhronur dalam sambutannya, berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Lamongan dalam bidang kesehatan khususnya bidang ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). Salah satunya, dengan meresmikan Puskesmas Karangkembang yang di kosentrasikan untuk masalah kejiwaan dan saat ini sudah menjadi RSUD Karangkembang.

Baca juga :

Tidak hanya itu, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menangani kesehatan jiwa, Pemkab Lamongan juga melakukan inovasi penanganan jiwa lewat program Lesung Si Panji (Lenyapkan Pasung Manusiakan Pasien Jiwa). Termasuk, terbentuknya Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) yang menyisir di setiap kecamatan-kecamatan agar tidak ada lagi ODGJ yang di pasung di Lamongan.

“Saat ini jumlah penderita gangguan jiwa di Kabupaten Lamongan ada 3.389 orang dan di tahun 2016 jumlah pasien gangguan jiwa yang dipasung ada 191 orang. Berkat TPKJM dan kerjasama kita semua yang komitmen dengan melakukan penyisiran disetiap kecamatan-kecamatan agar tidak ada pasien yang di pasung, akhirnya pada tahun 2017 Kabupaten Lamongan bebas pasung dan mengantarkan Lamongan mendapat penghargaan otonomi Award,” terang Bupati Yuhronur di hadapan seluruh tamu audiensi, Minggu (11/09/2022) tadi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Yuhronur juga menyerahkan surat magang kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan, yang akan melakukan pengabdian di RSUD Karangkembang. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.