Lumajang

Terima Tim Penilai Kinerja, Cak Thoriq Paparkan Progres Upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting Lumajang

Diterbitkan

-

Memontum Lumajang – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, memaparkan secara detail progres perkembangan pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi di Kabupaten Lumajang. Pemaparan itu, disampaikan saat menerima kehadiran Tim Penilai Kinerja Kabupaten atau Kota dalam Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi Provinsi Jawa Timur tahun 2023 di Command Centre Room, Kantor Bupati Lumajang, Rabu (09/08/2023) tadi.

Dalam pemaparannya, Cak Thoriq-sapaan Bupati Lumajang, menjelaskan bahwa saat ini di Kabupaten Lumajang mengalami persoalan yang cukup progresif dalam perkembangan stunting yang harus ditangani secara terintegrasi. Oleh sebab itu, Pemkab Lumajang melakukan beberapa langkah atau aksi dalam penanganan stunting.

Diantaranya, melakukan analisis situasi, rencana kegiatan, rembug stunting, peraturan bupati tentang peran desa, pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM), manajemen data, pengukuran dan publikasi, serta review kinerja tahunan. “Ini merupakan beberapa langkah dari Pemerintah Kabupaten Lumajang dan masyarakat dalam penanggulangan stunting yang terintegrasi,” jelasnya.

Baca juga :

Advertisement

Selain itu, disampaikan Cak Thoriq, bahwa pihaknya juga telah berinovasi dalam penanganan dan pencegahan stunting. Adapun inovasi tersebut, diantaranya, Pawon Urip, Gerakan Sikap Stunting Ibu dan Anak Terdampingi (Gesit), Suami Siaga (Susi), Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Terintegrasi (Susi Pasti), Gerakan Makan Ikan Atasi Stunting (Gemar Kancing).

“Ini salah satu cara pandang kami, sehingga akumulasi dari penurunan angka kasus stunting itu terintegrasi berbasis Perangkat Daerah dan masyarakat,” terangnya.

Cak Thoriq menambahkan, bahwa Pemkab Lumajang akan terus berikhtiar serta serius dalam penanganan dan menuntaskan stunting di Kabupaten Lumajang. Dalam paparan tersebut, bupati juga didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lumajang, Musfarina Thoriq, serta Kepala Perangkat Daerah terkait, untuk menjelaskan detail progres stunting di Kabupaten Lumajang. (kom/adi/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas