Connect with us

Blitar

Tiga Pelaku Perampokan Rumah Dinas Wali Kota Blitar Dibekuk, Dua Buron dan Otak Pelaku Asal Lumajang

Diterbitkan

||

Tiga Pelaku Perampokan Rumah Dinas Wali Kota Blitar Dibekuk, Dua Buron dan Otak Pelaku Asal Lumajang

Memontum Surabaya – Tim Jatanras Polda Jatim akhirnya berhasil membekuk tiga dari lima kawanan pelaku perampokan yang telah menyatroni Rumah Dinas (Rumdin) Wali Kota Blitar, Santoso, 12 Desember 2022 lalu. Aksi tersebut, ternyata diotaki oleh MJ alias MT (54), warga asal Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang atau tercatat domisili juga di Kampung Bulak Sentul, Kelurahan Harapan Jaya, Kecanatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Sedangkan, dua tersangka lainnya adalah ASM als ASN als MRT (54), warga Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng Kota/Kab Jakarta Barat dan AJ (57) warga Desa Sengon, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Ketiga tersangka itu, dirilis di Polda Jatim, Kamis (12/01/2023) tadi.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Harmanto, mengatakan bahwa pihaknya masih terus melakukan pengembangan termasuk mencari dua tersangka lainnya yang masih DPO. “Alhamdulillah, berkat doa kita semua, tiga dari lima pelaku kasus kejahatan di Rumah Dinas Wali Kota Blitar, bisa kami tangkap,” ujar Irjen Pol Toni.

Baca juga :

Dirkrimum Polda Jatim, Kombes Pol Totok Suharyanto, menambahkan bahwa butuh waktu 24 hari bagi polisi, untuk menangkap para pelaku. Itu karena, sejumlah tersangka cukup licin dan lihai dalam melarikan diri. “Pengungkapan kasus berjalan kurang lebih 24 hari. Lima pelaku ini, kami identifikasi berdasarkan scientific crime investigation. Mereka cukup lihai untuk melarikan diri dan akhirnya berhasil kami tangkap di lokasi yang berbeda,” ungkap Kombes Pol Totok.

Seperti tersangka MJ, tambahnya, itu ditangkap dalam pelariannya di salah satu penginapan di Bandung. “Tersangka MJ perannya sebagai otak dan yang merencanakan pencurian,” ujar mantan Kabagreskrim Polwil Malang ini.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dalam aksi perampokan itu, sebanyak lima pelaku berhasil melumpuhkan tiga anggota Satpol PP yang berjaga di rumah dinas, berikut Wali Kota dan istri. Dalam kejadian itu, selain berhasil membawa kabur uang dan perhiasan, pelaku juga sempat melakukan penganiayaan kepada Wali Kota Blitar. (gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *