Connect with us

Kota Malang

Tingkatkan Pelayanan Perpustakaan, Taman Trunojoyo Kota Malang Sediakan Layanan Pocadi

Diterbitkan

||

Tingkatkan Pelayanan Perpustakaan, Taman Trunojoyo Kota Malang Sediakan Layanan Pocadi

Memontum Kota Malang – Perpustakaan Kota Malang meningkatkan pelayanan dan pengetahuan dalam format digital. Penerapan itu, terlihat pada layanan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang terletak di Taman Trunojoyo, Kota Malang. Di lokasi itu, menyediakan koleksi buku digital berkualitas yang berasal dari lokal server maupun konten aplikasi iPusnas.

Kepala Bidang Layanan dan Pengembangan Perpustakaan Kota Malang, Achmad Supriadi, mengatakan bahwa masyarakat dapat mengakses dan membaca buku berformat digital melalui komputer ataupun tablet yang disediakan. Walaupun, di Pocadi juga tetap disediakan buku-buku cetak.

“Tidak semua koleksi dialihmediakan menjadi digital, itu supaya masyarakat tetap bisa mengakses bacaan. Kita juga kembangkan layanan datang antarkan buku (DRAB) dalam aplikasi M-Mobilib. Jadi koleksi buku-buku cetak bisa kita pinjamkan dan antarkan sampai ke rumah anggota,” jelasnya, Rabu (18/05/2022) tadi.

Baca juga:

Dijelaskannya, untuk sistemnya sama dengan ojek online. Petugas mengantarkan buku secara langsung dan untuk ongkosnya tidak dibebankan pada anggota. Layanan tersebut, hanya bisa diperuntukkan bagi yang ber-KTP dan pengiriman di Kota Malang.

Selain itu, Perpustakaan Kota Malang juga telah memperkenalkan aplikasi perpustakaan daerah yang disebut Malang Mobile Library (M-Mobilib). Layanan tersebut, bisa diakses oleh masyarakat serta anggota perpustakaan. Didalamnya memuat fitur usulan buku, kunjungan kelompok, pinjaman kolektif, dan saran.

“Layanan perpus juga bisa dibuat digital. Ini yang kita sebut Malang Mobilib. Kalau untuk koleksi dIgitalnya kita gunakan Malang Cilin yang bekerja sama dengan Gramedia,” lanjutnya.

Sebagai informasi, peningkatan layanan ini dilakukan untuk memperingati Hari Buku Nasional, yang bertepatan juga dengan Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional, Rabu (17/05/2022) ini. (cw2/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.