Kota Batu

TPA Tlekung Kedatangan Dua Unit Mesin Pembakaran Sampah

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Sebanyak dua unit incenerator atau mesin pembakaran sampah siap difungsikan di TPA Tlekung Kota Batu. Kedatangan dua mesin baru itu, adalah rangkaian dari empat pengadaan mesin dengan nilai total sekitar Rp 850 juta. Rencananya, mesin tersebut akan digunakan untuk mengurai gunungan sampah di TPA.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, saat melakukan pengecekan mesin menyampaikan bahwa incenerator merupakan bagian terpenting dalam pengolahan sampah residu. Maka, dua unit mesin telah siap difungsikan di TPA Tlekung.

“Jadi, untuk mengolah sampah residu dengan sistem pembakaran, sebanyak dua unit incenerator untuk membakar sampah residu sudah disiapkan,” katanya saat berada di TPA Tlekung, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Senin (02/10/2023) tadi.

Baca juga :

Advertisement

Pengadaan mesin tersebut, ujarnya, dianggarkan melalui Belanja Tak Terduga (BTT). Dari total pengadaan itu, salah satunya diperuntukkan untuk diperbantukan ke TPS3R Kelurahan Sisir.

“Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup memesan empat unit mesin incenerator. Dari empat unit itu, dipabrikasi di dalam TPA Tlekung. Pertama, satu unit yang sudah selesai digunakan di TPS3R Kelurahan Sisir. Terus, dua unit sekarang selesai dimanfaatkan di TPA Tlekung. Jadi, tinggal satu unit yang masih proses pabrikasi,” tambahnya.

Kemudian, Aries menegaskan, selama proses pemecahan masalah sampah di Kota Batu, pihaknya akan terus memantau secara langsung kegiatan di TPA Tlekung. Sehingga, diharapkan gunungan sampah bisa teratasi secepat mungkin. (put/sit)

Advertisement

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas