Connect with us

Jombang

Wabup Sumrambah Hadiri Launching Perusahaan di Bidang Pertanian di Jombang

Diterbitkan

||

Wabup Sumrambah Hadiri Launching Perusahaan di Bidang Pertanian di Jombang

Memontum Jombang – Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, menghadiri launching PT Maxxi Agri Tani Indonesia di Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Rabu (18/01/2023) tadi. Dalam prosesi launching perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, mulai dari penyediaan benih hingga mesin dan teknologi pertanian, itu turut hadir Presiden Direktur Utama PT Maxxi Agri Tani Indonesia, Jemmy Eka Putra, Staf Ahli Kejagung Ade Eddy Adyaksa, Direktur Jendral Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah, Direktur Jendral Prasaranan dan Sarana Pertanian Kementerian Ali Jamil Harahap, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Maxxi AGRI Petani Betek Mojoagung, Mujagidin hingga Forkopimda Jombang.

Wakil Bupati Sumrambah, dalam kesempatan itu mengajak masyarakat untuk terus berjuang di sektor pertanian. Karena dalam ketahanan pangan, petani adalah penyangga tiang di Indonesia. Sehingga, petani harus berkembang untuk menuju petani makmur.

“Pertanian kita sudah bangkit dan sudah maju. Dengan doa kita bersama, semoga perusahaan ini bisa menjadi sukses semakin eksis di bidang pertanian,” katanya.

Ditambahkannya, bahwa lahan pertanian sekarang kurang lebih seluas 3,5 juta hektar. Tentu saja, itu sangat berbahaya. “Komunitas lahan kita rata-rata 0,25 hektar. Kalau kita tidak berjibaku bersama, antara hulu-hilir untuk kemudian kita komputasikan, maka 0,25 hektar tidak akan pernah mencukupi kebutuhan hidup para petani. Mumpung ketemu dengan para pelaku bisnis pertanian, saya katakan untuk bisa menjamin kelangsungan hidup kita bersama,” tegasnya.

Baca juga :

Wabup Jombang juga berharap, Maxxi Agri Tani akan menjadikan pertanian makmur. Apalagi, di beberapa kabupaten seperti Nganjuk, Jember serta Tulungagung, sudah terbukti. “Semoga, pertanian bisa bangkit. Tidak hanya petani saja, tetapi kita semua juga harus ikut serta dalam proses menjadi bagian bangkitnya petani,” harapnya.

Di tempat sama, Presiden Direktur Utama PT Maxxi Agri Tani Indonesia, Jemmy Eka Putra, juga menyampaikan bahwa Indonesia dikenal dengan negara Agraris. Setiap tahun, ada penambahan penduduk 3 juta, sedangkan pengurangan lahan pertanian ini suatu tantangan yang sangat besar.

“Ke depan, ada peningkatan hasil produksi panen sebagai salah satu langkah kami untuk bekerja sama dengan para mitra Maxxi tehnologi. Ini suatu gerakan operasi tani, yaitu kami bina menggunakan alat yang baik, penanaman hingga cara pengendalian hama sampai panen,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa kedaulatan pangan dan ketahanan pangan, itu akan menjadi suatu tantangan yang besar. Karenanya, pihaknya akan melakukan pembinaan mulai dari penggunaan alat untuk mengelola tanah yang baik, kemudian pemilihan benih yang baik, penanaman, sampai dengan pengendalian hama dan penyakit terpadu lainnya.

“Di Jombang, ini sudah kami kerjakan dan akan terus kami kembangkan. Saat ini, ada 7 ribu petani se Jatim dan Jateng, yang sudah kita kolaborasi bekerja sama di bidang pertanian dan pemikiran ke depan,” paparnya. (azl/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *