Berita

Antisipasi Bencana, Kapolres Trenggalek Tinjau Posko Bencana dan Pintu Air Dam Dawung

Diterbitkan

-

TINJAU : Kapolres Trenggalek meninjau posko bencana guna antisipasi terjadinya bencana. (ist)
TINJAU : Kapolres Trenggalek meninjau posko bencana guna antisipasi terjadinya bencana. (ist)

Memontum Trenggalek – Guna memastikan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam, Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak meninjau Posko Bencana. Seperti yang diketahui, beberapa minggu terakhir hujan baik dengan intensitas sedang maupun tinggi mengguyur Kabupaten Trenggalek.

Bahkan hujan juga disertai angin kencang. Menanggapi hal ini, Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak bersama pemerintah daerah telah mendirikan Posko Bencana di halaman Kantor Kecamatan Trenggalek.

Dikonfirmasi saat melakukan peninjauan ke Posko Bencana, Jean Calvijn mengatakan jika cuaca yang terjadi saat ini cukup rawan terjadi bencana.

“Saat ini sudah memasuki musim hujan, baik dengan intensitas sedang maupun tinggi. Kondisi ini tentu saja rawan terjadi bencana. Bahkan dibeberapa tempat juga sudah terjadi tanah longsor ataupun pohon yang roboh akibat hujan angin, ” ucap Jean Calvijn, Sabtu (05/01/2020) sore.

Advertisement

Tujuan dari peninjauan ke Posko Bencana ini adalah mematikan semua personil atau alat kelengkapan bencana benar – benar siap siaga dan bisa digunakan sewaktu diperlukan.

Jean Calvijn mengungkapkan, selain menyiagakan personel Polri dalam Posko Bencana, pihaknya juga menyiagakan Satgas berikut perlengkapannya di Mapolres yang dapat digerakkan sewaktu-waktu untuk membatu penanganan jika terjadi bencana alam di Trenggalek.

“Untuk Posko kita buat sampai ditingkat kecamatan. Ada pula di Desa yang secara geografis memang rentan terdampak bencana alam banjir atau tanah longsor dengan melibatkan Bhabinkamtibmas, ” imbuhnya.

Khusus di tingkat Polres, lanjut Jean Calvijn, ada Satgas khusus penanganan bencana untuk membackup jika dibutuhkan baik personel maupun peralatan.

Advertisement

Dari hasil sidak kali ini Kapolres juga mengapresiasi kepada seluruh personel gabungan yang siap siaga di Posko Bencana.

Demikian juga dengan berbagai perlengkapan dalam kondisi ready for use (siap digunakan).

“Alhamdulillah, sampai saat ini memang belum ada bencana yang menonjol. Akan tetapi kita harus siap segala sesuatunya sehingga kita tidak mendapat kesulitan bila muncul kejadian, ” tegas Jean Calvijn.

Usai meninjau posko bencana, Kapolres didampingi stakeholder lainnya juga mengecek kondisi ketinggian air di pintu air Dam Dawung Kecamatan Pogalan.

Advertisement

Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung debet atau ketinggian air yang kemungkinan dapat berdampak banjir mengingat Dam Dawung ini merupakan titik temu aliran sungai dari berbagai kecamatan di Trenggalek.

“Air belum mengalami kenaikan dengan signifikan dan masih diambang batas wajar atau normal, ” tuturnya.

Pihaknya berharap, bencana alam yang terjadi bisa ditekan sehingga masyarakat tidak khawatir dan merasa aman meskipun cuaca yang terjadi saat ini tidak bersahabat. (mil/oso)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas