Berita

BHS Nilai Makin Banyak Calon dalam Pilkades Serentak di Sidoarjo Makin Baik

Diterbitkan

-

Bacabup Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono
Bacabup Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono

Memontum Sidoarjo – Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS) memastikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang digelar di Sidoarjo pada April 2020 mendatang layak diapresiasi. Ini menyusul, dalam Pilkades yang digelar serentak di 175 desa yang ada di wilayah Sidoarjo itu, rata-rata memiliki calon banyak. Hal itu menunjukkan pesta demokrasi di tingkat desa berjalan dengan baik.

“Makin banyak Cakades yang mendaftar itu semakin baik. Karena masyarakat memiliki banyak pilihan dalam demokrasi di tingkat desa,” terang Bambang Haryo Soekartono, Kamis (20/2/2020). Lebih jauh, politisi Partai Gerindra ini memaparkan jika dalam Pilkades Serentak di Sidoarjo sebagian besarnya setiap desa memiliki 5 Cakades menunjukkan pesta demokrasi berjalan baik. Baginya, 5 Cakades per desa tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Apalagi, dalam Pemilihan Gubernur Jakarta sempat ada 5 pasangan calon.

“Makin banyak calonnya maka masyarakat makin bisa memilih mana calon yang terbaik. Semua yang mau maju menjadi Cakades punya hak yang sama. Silahkan maju kalau punya program baik untuk desa. Itu tidak masalah,” tegasnya.

Bagi Bambang yang juga mantan anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI Periode 2014 -2019, di negara demokrasi tidak boleh dibatasi dalam pencalonan apa pun. Hal itu menunjukkan setiap negara demokrasi harus dikembalikan kepada khittoh politiknya dari rakyat untuk rakyat.

Advertisement

“Kalau Pilkades Serentak berjalan baik, maka dapat dijadikan ukuran Pilkada 2020 juga akan berjalan baik,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, sedikitnya terdapat 6 desa yang memiliki Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) lebih dari 5 orang. Padahal sesuai aturan, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Sidoarjo maksimal diikuti 5 orang Bacakades di setiap desa.

Keenam desa yang kelebihan Bacakades itu, diantaranya Desa Kedungturi Kecamatan Taman, Desa Keboansikap Kecamatan Gedangan, Desa Jati Kecamatan Sidoarjo, Desa Bakung Temenggungan dan Desa Bakung Pringgondani Kecamatan Balongbendo serta Desa/Kecamatan Wonoayu. Jumlah keseluruhan Bacakades dari enam desa ini mencapai 44 orang.

Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pemkab Sidoarjo turun tangan menseleksi seluruh Bacakades di 6 desa itu. Seleksi dilakukan untuk menentukan 5 orang Bacakades di masing-masing desa itu.

Advertisement

Puluhan Bacakades itu, mengikuti tes seleksi yang digelar di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Sidoarjo, Selasa (18/2/2020). Tes seleksi ini dilakukan melalui piranti komputer. Tes yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Pengetahuan Umum dan soal Pemerintahan. Wan/yan

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas