Kabar Desa

Pemdes Jemirahan Dirikan 5 Pos Check Point Tekan Covid

Diterbitkan

-

Pemdes Jemirahan Dirikan 5 Pos Check Point Tekan Covid

Memontum Sidoarjo – Pemdes Desa Jemirahan Kecamatan Jabon mendirik 5 check point. Tempat mendeteksi pengendara yang terpapar covid-19 itu didirikan di Dusun Kademangan, dan Dusun Jemirahan.

Pos check point itu dijaga 6 orang tim relawan dari Polri (Polsek), TNI (Koramil), Perangkat Desa, Linmas, BPD, Karang Taruna, Tomas, dan RT, RW. Bertujuan menekan angka dan mengatisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Kepala Desa Jemirahan H. Khoiruth Tholab dan Tim relawan Desa Jemirahan, berjaga pos check point dipintu masuk desa (gus)

Kepala Desa Jemirahan H. Khoiruth Tholab dan Tim relawan Desa Jemirahan, berjaga pos check point dipintu masuk desa (gus)

Kepala Desa Jemirahan H. Khoiruth Tholab melalui Kasi Pemerintahan Sigit Riyadi mengatakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap I sampai tahap III ini. Alhamdulillah tidak ada temuan (negatif), saat dilakukan pemeriksaan pada warga maupun pengguna jalan yang melintas dijalan desa.

Namun secara normatif temuan-temuan itu, kebanyakan tidak menggunakan masker hampir 50 persen. Hal itu juga terdapat tidak membawa surat jalan dari RT asal tempat tinggalnya, serta berboncengan tiga dengan mengendarai 1 unit motor.

“Mereka langsung kita tegur, dan diberikan masker agar kesehatannya tetap terjaga sesuai protokol kesehatan, ” terang Sigit Riyadi, Kamis (4/6/2020) siang.

Advertisement

Menurutnya, pihak desa terus mensosialisasikan kepada seluruh warganya, untuk tidak berinteraksi langsung dengan orang tidak dikenal. Namun tetap menjaga hubungan tali silaturahmi, akan tetapi disarankan lebih awal melakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu.

Selain pos chek poit, Pemerintah Desa Jemirahan menyiapkan bilik disinfektan dibeberapa tempat termasuk juga dikantor balai desa. Bermaksud untuk menjaga kesehatan warga dan perangkat desa dalam hal pelayanan. Himbauan sesuai instruksi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, terkait tanggap darurat.

Sesuai protokol kesehatan, berpola hidup sehat dan bersih, mencuci tangan, menggunakan masker,dan jaga jarak. Berharap pada warga untuk membatasi keluar rumah, jika tidak ada kepentingan yang lebih penting. ” Stay At Home atau Dirumah Saja”, pinta Sigit Riyadi

Hal yang sama dikatakan, Sekretaris Desa Imron Rosyadi. Menurutnya, keberadaan pos check point di Dusun Kademangan itu ada 3 pos, sedangkan di Dusun Jemirahan ada 2 pos. Keseluruhannya itu diletakkan pada pintu masuk desa maupun pintu masuj gang ke pemukiman warga.

Advertisement

” Kami berharap wabah virus corona ( Covid-19) segera berakhir, sehingga aktifitas kembali seperti semula, ” tandasnya (gus/yan)

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas