Hukum & Kriminal

Dua Personel Polresta Malang Kota Terpilih dalam Misi Perdamain PBB

Diterbitkan

-

Dua Personel Polresta Malang Kota Terpilih dalam Misi Perdamain PBB
Briptu Clara. (ist)

Memontum Kota Malang – Dua orang personel Arema Police, Polresta Malang Kota terpilih untuk bergabung dalam misi perdamaian dunia, di bawah organisasi internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN).

Mereka akan ditugaskan pada Kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara FPU 3 Minusca di Bangui, Afrika Tengah. Kedua personel tersebut adalah Anggota Satsabhara Polresta Malang Kota, Bripka Danar Bayu Baskara dan Anggota Satlantas Polresta Malang Kota, Briptu Clarana Erlita Rusady, S.H.

Baca juga:

Terpilih setelah melalui rangkaian proses seleksi yang panjang yang dimulai Tahun 2020, dan dinyatakan lulus pada Februari 2021 lalu. Kini mereka ikut bagian dalam pelatihan pra penugasan yang berlangsung selama 5 bulan, dan akan berangkat ke daerah misi pada September 2021.

Mereka ditugaskan untuk melindungi warga sipil, melindungi aset dan personel PBB dan mempromosikan hak asasi manusia. Bripka Danar akan bertugas pada formasi staf administrasi operasi, sementara Briptu Clara akan bertugas sebagai pasukan taktis. Mereka akan ditugaskan selama satu tahun bersama dengan 140 orang pasukan peacekeepers Polri dari seluruh Indonesia.

Advertisement

“Alhamdulillah kami terpilih menjadi bagian dari peacekeepers Polri, mohon doa agar semua berjalan lancar saat kami berangkat, bertugas hingga kembali dari daerah misi” ujar Bripka Danar.

Sementara Briptu Clara mengatakan bahwa bergabung dalam pasukan perdamaian dunia adalah mimpi nya sejak masuk menjadi polisi. Pada Agustus 2020, Polwan yang kini berusia 24 tahun ini melakukan pendaftaran dan mengikuti tes seleksi misi internasional pasukan PBB Polri yakni FPU (Formed Police Unit) 3 Minusca.

“Saya mengikuti serangkaian tes, yakni tes psikologi, tes komputer, tes kesehatan, tes jasmani, tes bahasa Inggris, tes menembak, dan tes mengemudi,” ujar Clara.

Dari 26 peserta yang mengikuti serangkaian tes di Polda Jawa Timur, Clara mendapatkan peringkat ketiga, dengan kriteria sebagai peraih nilai tertinggi pada tes psikologi, bahasa inggris dan mengemudi.

Advertisement

Pada bulan Februari 2021, dia mendapatkan hasil pengumuman untuk bergabung dalam misi internasional ke negara Central Africa. Bahkan, ia menjadi satu-satunya perwakilan Polwan dari Jawa Timur yang berhasil lolos terpilih dari lima orang lainnya.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto SIK MSi menaruh kebanggan kepada dua anggotanya yang terpikih dalam pasukan perdamaian PBB, sehingga membawa nama harum Indonesia di kancah dunia.

“Tentu ini merupakan suatu kebanggan, tidak hanya kami saja, juga kebanggan bagi Kota Malang. Karena telah membawa harum nama Indonesia, khususnya Kota Malang di kancah dunia. Selalu jaga kesehatan, semoga selalu diberikan kelancaran saat bertugas,” ujar AKBP Budi. (gie)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas