Lumajang

Penanganan Paska Bencana, Pj Bupati Lumajang Terima Kunjungan Tim Asdep PMPB

Diterbitkan

-

BENCANA: Pj Bupati Lumajang saat menerima kunjungan Tim Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana. (pemkab for memontum)

Memontum Lumajang – Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, merasa bangga karena Kabupaten Lumajang menjadi kawasan percontohan nasional dalam penanganan pasca bencana. Yakni, di area Hunian Tetap (Huntap) Bumi Semeru Damai, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Hal ini, disampaikannya saat menyambut kedatangan Tim Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Asdep PMPB), di Ruang Mahameru, Kamis (24/10/2024) tadi. Kedatangan Asdep PMPB ini, dalam rangka penyerapan pandangan serta evaluasi dan monitoring pasca bencana erupsi Semeru pada tahun 2021 lalu.

“Mohon arahan dari Asdep PMBP tentang kolaborasi dengan pihak-pihak terkait dan progres pencapaian dampak bencana erupsi Semeru hingga saat ini,” kata Pj Bupati Yuyun-sapaannya Pj Bupati Lumajang.

Baca juga :

Advertisement

Sementara itu, Asdep PMPB, Slamet Widodo, menyampaikan bahwa dirinya sangat senang bisa berkunjung ke Kabupaten Lumajang. Menurutnya di beberapa daerah lain, masih banyak temuan terkait bantuan hunian sementara atau tetap pasca erupsi gunung, yang masih banyak belum ditempati karena berbagai hambatan yang ada.

Asdep PMPB mengatakan, bahwa kunjungan kali ini adalah untuk mengevaluasi dan memonitoring bagaimana progres capaian dampak bencana erupsi Semeru hingga saat ini, terkait rehabilitasi serta kultur budaya yang ada di Huntap. “Kami juga ingin melihat kondisi di lapangan seperti apa saat ini. Menempati hunian apakah menemukan kendala lainnya dan ingin mendengar keluh kesah dari masyarakat di sana. Karena mengingat potensi bencana di Lumajang ini sangat banyak dan paling tidak kita harus mengantisipasi bencana tersebut,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kalaksa BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, juga memaparkan bahwa Sektor Perumahan di Hunian Tetap Bumi Semeru Damai sebanyak 1924 rumah yang sudah ditempati. Dari segi sektor sosial, sektor ekonomi dan lintas sektor fasilitas umum sudah lengkap dan telah berjalan dengan baik. (kom/adi/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas