Gresik

Jelang Pilkada, KPU Gresik Verifikasi Parpol Serentak

Diterbitkan

-

Jelang Pilkada, KPU Gresik Verifikasi Parpol Serentak

Memontum Gresik — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Gresik verifikasi faktual terhadap sejumlah partai politik di Kabupaten Gresik, Selasa (30/1/18). Dikantor masing-masing partai. Abdullah Sidiq Noto Negoro, salah satu Komisioner KPUD Gresik mengatakan bahwa ada empat Partai politik yang mengikuti verifikasi serentak antara lain, PDI P, Golkar, PPP, serta PAN. Untuk itu pihak KPUD membagi petugas yang diutus ke kantor partai serentak untuk melakukan verifikasi.“Hari ini ada empat partai yang kita verifikasi,” ungkapnya.

Dalam proses verifikasi, Ia menyebutkan, ada tiga komponen yang diperiksa oleh KPUD. Tiga komponen itu yaitu keanggotaan kepengurusan partai, domisili kantor, dan keterwakilan perempuan. Khusus untuk keterwakilan perempuan, syarat yang ditetapkan oleh KPU yaitu sebesar 30 persen. syarat-syarat itu dibuktikan dengan menunjukkan KTP/KTA untuk dicatat oleh petugas.

Lebih Lanjut Sidiq membeberkan, setelah verifikasi faktual ini, pihaknya akan melakukan pencocokkan data, setelah itu keputusan lolos tidaknya ditentukan dirapat pleno.

Ketua DPC PDI P Kabupaten Gresik, Siti Muafiyah mengaku , partainya sudah memenuhi persyaratan yang diminta KPUD, dan pihaknya optimis untuk verifikasi kali ini tidak ada masalah yang berarti. “ untuk verifikasi faktual ini berkas kita sudah lengkap,” ungkap Siti Muafiyah.

Advertisement

Muafiyah mengakui bahwa verifikasi faktual sangat penting sebab, dilakukan hal ini untuk memberikan pendidikan kepada Partai Politik (Parpol). “PDIP sangat mendukung verifikasi faktual ini sebagai pelaksanaan putusan mahkamah konstitusi (MK). Verifikasi faktual akan membuat kematangan di Parpol, karena Parpol adalah alat untuk menjalankan demokrasi,” tambahnya.

Senada dengan Siti Muafiyah, Nur Hamim Ketua DPD Golkar Gresik mengatakan bahwa, partainya tidak ada kendala dalam memenuhi persyaratan.“semua berjalan lancer, 75 pengurus yang diminta KPU hadir semua,” ungkap Nur Hamim.(gbr/sgg)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas