Blitar

Kabupaten Blitar Butuh Rumah Penampungan Pengemis dan Gelandangan

Diterbitkan

-

Kabupaten Blitar Butuh Rumah Penampungan Pengemis dan Gelandangan

Memontum Blitar — Kabupaten Blitar membutuhkan tempat penampungan sementara untuk mengatasi semakin banyaknya gelandangan dan pengemis. Sebab jumlah gelandangan dan pengemis yang berada di Kabupaten Blitar hingga kini semakin banyak. Mereka sebagian besar bukan berasal dari wilayah Kabupaten Blitar., melainkan daerah-daerah lain di sekitar Kabupaten Blitar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Romelan mengatakan, Dinsos Kabupaten Blitar saat ini tengah menyiapkan rumah penampungan untuk menampung sementara pengemis dan gelandangan. Rumah penampungan itu di bangunan di bekas balai latihan kerja yang terletak di Kecamatan Garum.

“Sebagian besar bukan berasal dari Kabupaten Blitar, namun hal itu tetap menjadi tugas Dinsos yang ditempati,” ungkap Romelan, Rabu (8/11/2017). Menurut Romelan rumah penampungan itu paling cepat bisa digunakan pada 2018 mendatang. Karena saat ini pihaknya masih menyiapkan sarana dan prasarana pendukung serta Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pengadaan sarpras baru akan dianggarkan pada 2018 nanti sehingga paling cepat bisa ditempati tahun 2018,” jelasnya. Saat ini Dinsos meminta masing-masing desa atau kelurahan untuk melakukan pendataan gelandangan dan pengemis yang ada didaerahnya. Sehingga jika penampungan sudah siap digunakan mereka bisa langsung menempati.

Advertisement

“Tahapan pertama ya kita data pengemis dan gelandangan yang ada di Kabupaten Blitar,” imbuhnya. Selain mendata pengemis dan gelandangan pihaknya juga tengah melakukan pelatihan SDM yang akan ditempatkan di penampungan. Karena petugas yang ditempatkan disana harus benar-benar memiliki kemampuan mengatasi gelandangan dan pengemis yang ditampung.

“Petugasnya kan tidak bisa sembarang orang, mereka harus benar-benar mengerti permasalahan yang dibawa gelandangan dan pengemis ke penampungan,” pungkas Romelan. (an/jar)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas