Kota Malang

Manfaatkan Vegedrilla, Olah Limbah Produksi Tahu

Diterbitkan

-

Manfaatkan Vegedrilla, Olah Limbah Produksi Tahu

Memontum Kota Malang – Mahasiswa sebagai generasi muda dituntut memiliki semangat tinggi dalam menciptakan berbagai inovasi, khususnya yang dapat mendukung kebutuhan manusia sesuai kondisi terkini hingga masa mendatang. Seperti yang dilakukan Nasihul Mukmin dan Sarabila Karima, mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis dan Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Keduanya menciptakan inovasi yang diberi nama Vegedrilla, dimana Vegedrilla merupakan inovasi yang terdiri dari kombinasi pemanfaatan limbah tahu sebagai pupuk organik bagi tanaman microgreen, hydrilla dan juga hidrogel.

Vegedrilla (ist)

Vegedrilla (ist)

Nasihul mengatakan, ide inovasi yang mereka buat berawal dari keresahan akan fenomena alih fungsi lahan, yang mengakibatkan terbatasnya ruang untuk menanam tanaman. Hasil dari pengolahan limbah tahu menjadi pupuk organik dirasa cocok dan terbukti mampu meningkatkan nilai nutrisi tanaman yang menggunakan pupuk tersebut.

“Kami mendapatkan data bahwa konsumsi sayuran mengalami peningkatan. Oleh karena itu, kami berfikir bagaimana caranya bisa menciptakan inovasi yang sesuai dengan kedua kondisi tersebut. Microgreen merupakan salah satu jenis tanaman konsumsi bisa memiliki nutrisi yang lebih tinggi bila menggunakan pupuk organik dari limbah tahu ini,” terang Nasihul.

Advertisement

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas