Sidoarjo

Tahun Ini, Sidoarjo Ditarget 50.000 Bidang Tanah Bersertifikat Lewat PTSL

Diterbitkan

-

Tahun Ini, Sidoarjo Ditarget 50.000 Bidang Tanah Bersertifikat Lewat PTSL

Memontum Sidoarjo – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau yang dikenal dengan Prona dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) kembali digelar untuk warga Sidoarjo. Tahun 2019 ini, Sidoarjo mendapatkan alokasi target 50.000 bidang tanah. Jatah ini lebih sedikit dibandingkan Tahun 2018 yang ditargetkan sebanyak 60.000 bidang tanah.

Target 50.000 bidang tanah ini, rencananya untuk 38 desa/kelurahan di Sidoarjo. Oleh karena itu, para Kepala Desa (Kades) beserta Sekretaris Desa (Sekdes) dan Ketua BPD yang menerima program ini diundang BPN Sidoarjo untuk mengikuti Rapat Koordinasi PTSL yang digelar di Aula Delta Graha Setda Sidoarjo, Kamis, (03/01/2019).

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menyambut baik program PTSL ini. Pihaknya meminta aparatur desa membantu proses pendaftaran sertifikat tanah milik warganya itu. Selain itu, menghimbau kepada Pemerintah Desa untuk tidak menarik biaya diluar ketentuan hukum yang berlaku.

“Hal ini untuk menghindari masalah hukum yang dapat menjerat aparat desa terkait program itu,” katanya.

Advertisement

Lebih jauh, Saiful mengungkapkan ada biaya dalam pengurusan sertifikat tanah melalui program PTSL. Besarnya mencapai Rp 300.000 perbidang. Akan tetapi warga hanya membayar separuhnya atau sebesar Rp 150.000 per bidang tamah.

“Separuhnya lagi ditanggung Pemkab Sidoarjo. Biaya tersebut sebagai pengganti patok tanah dan materai serta lainnya dalam proses pendaftaran sertifikat tanah,” tegasnya.

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas