Jember

Setapal Kuda, Jember Terbanyak Warga Negara Asing

Diterbitkan

-

PENJELASAN : Firman Napitupulu saat menunjukkan jumlah WNA di ruangannya. (gik)

Jember, Memontum – Keberadaan Warga Negara Asing (WNA) yang berada di wilayah Tapal Kuda yang dalam pengawasan kantor Imigrasi Kelas II TPI Jember, memiliki catatan tertinggi di bulan-bulan ini dibanding empat kabupaten lainnya.

Dalam catatan di ruang Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Kelas II TPI Jember menunjukkan sebanyak 871 WNA yang berada di wilayah tapal kuda, ratusan WNA itu diantaranya berprofesi sebagai tenaga kerja, pelajar, investor dan sebagainya.

Sedangkan untuk jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kabupaten Jember cukup banyak, mencapai ratusan, jumlah keseluruhan 351. Dua diantaranya sebagai investor.

Menurut Kasi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi kelas II TPI Jember, Firman Napitupulu mengatakan, 2 investor tersebut berasal dari India. Dia berada di jember berinvestasi di sektor tembakau, dan kedua dari China investasi di Aice Cream.

Advertisement

“Masalah Tenaga Kerja Asing di Jember, mereka bekerja kasar atau sebagai Tenaga Ahli, itu bukan domain imigrasi melainkan Disnaker,” ujar Firman di ruang kerjanya.

Saat ini, Firman menjelaskan pengawasan rekomendasi kerja untuk TKA, baik sebagai Tenaga Ahli atau pekerja kasar mengatakan langsung Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker), sementara pengawasannya langsung dari Dinas tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi.

“Kita hanya sekedar menerbitkan ijin tinggal saja (Itas), sementara rincian jumlah TKA se-Tapal Kuda yang tercatat di kantor Imigrasi Kelas II TPI Jember mencapai ratusan orang,” jelasnya.

Untuk Kabupaten Jember sendiri Lanjut Firman, Itas Investor 2, Itas Keluarga 31, Itas Lansia 3, Itas Pelajar 197, Itas Peneliti 3, Itas TKA 351, Itap Keluarga 26, Itap Lansia 3 dan Itap TKA 2. Sehingga jumlah total yang ada di Kabupaten Jember 647.

Advertisement

Sementara Untuk Kabupaten Bondowoso, Itas Investor 3, Itas Keluarga 5, Itas Pelajar 3 dan Itap Keluarga 3. Totalnya semua berjumlah 17 orang.

Sedangkan untuk Kabupaten Situbondo Itas Investor 1, Itas Keluarga 1, Itas Pelajar 53, Itas TKA 23, Itap Keluarga 2, Itap Lansia 1 dan Itap TKA 2. Jadi total semua 53 orang asing.

” Untuk Kabupaten Banyuwangi Itas Investor 1, Itas Keluarga 50, Itas Lansia 16, Itas Pelajar 9, Itas TKA 41, Itap Keluarga 25, Itap Lansia 6 orang, dengan total keseluruhan 154,” bebernya.

Sehingga untuk warga negara asing Se-Tapal Kuda sambung Firman, terbanyak di Kabupaten Jember, mencapai 647 dengan jumlah pekerja 351,” pungkasnya. (gik/yud/oso)

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas