Kabupaten Malang

Jajaki Calon Transmigran, Disnakertrans Kotawaringin Barat Berkunjung

Diterbitkan

-

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang Drs Yoyok Wardoyo Saat Menerima Kadisnakertrans Kotawaringin Barat. (sur)

Memontum Malang – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang kembali menerima kunjungan kerja dari daerah lain. Kali ini kunker dari Disnakertrans Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kamis (5/9/2019) siang.

Kunker dari Kotawaringin Barat ini dipimpin langsung oleh Kadisnakertrans, Gustin Nur Aini. Rombongan tersebut diterima oleh Kadisnaker, Drs Yoyok Wardoyo MM di ruang kerjanya.

Gustin menjelaskan, kunjungan mereka ke Kabupaten Malang dalam rangka silaturahmi dengan Disnaker. Dia jelaskan, silaturahmi terkait dengan kelembagaan.

Selain itu, lanjut laki-laki yang akrab disapa Gus Nur ini menjelaskan, kunjungan mereka dalam rangka penjajakan dengan Disnaker. Hal ini terkait dengan program transmigrasi.

Advertisement

“Karena di dinas saya ada program untuk rekrut transmigran baru,” kata Gus Nur.

Gus Nur menambahkan, bukan hanya Kabupaten Malang saja yang mereka jajaki. Mekainkan juga ada Kabupaten Blitar dan Tulungagung. Dia sampaikan, untuk saat ini baru penjajakan saja. Belum sampai pada tahap MoU.

Nantinya, imbuh Gus Nur, jika ada MoU dari Provinsi Kalteng ataupun Jawa Timur, maka akan lebih mudah mendapatkan transmigran dari Kabupaten Malang untuk Kalteng. Maka dari itu, tujuan penjajakan adalah untuk memberikan rekomendasi mengenai calon daerah pengirim transmigran dan tujuan transmigran.

“Memang kami tidak ada kewenangan untuk menentukan, tapi bisa merekomendasikn. Harapannya itu, karena sudah melakukan penjajakan,” tegas Gus Nur.

Advertisement

Dia sampaikan, ada 3 kecamatan yang menjadi tujuan transmigran di tempatnya. Menurutnya, banyak tempat yang bisa dikembangkan dan digarap di tempatnya. Topografi wilayah di Kabupaten Kotawaringin Barat ini berupa dataran kering atau yang biasa disebut natai dalam bahasa setempat. Juga dataran rendah berawa-rawa dangkal.

“Jadi harapannya, transmigran dari Kabupaten Malang bisa menggarap lahan dan mengembangkan kawasan itu. Sesuai dengan tujuan transmigrasi. Jika transmigran kreatif, mengembangkan kawasan sungai untuk ternak ikan. Karena permintaan ikan cukup tinggi,” katanya.

Sementara itu, Drs Yoyok Wardoyo MM mengapresiasi positif kunjungan dari Disnakertrans Kotawaringin Barat itu. Menurutnya selain penjajakan transmigrasi, banyak hal yang bisa dipelajari dari dinas di bawah pimpinan Gus Nur itu.

“Bisa saling belajar dan memberikan manfaat,” tegasnya. (Sur/oso)

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas