Berita

Kapolres Batu Peringati Hari Santri, Bagikan 500 Alqur’an

Diterbitkan

-

Kapolres Batu Peringati Hari Santri, Bagikan 500 Alqur'an

MEMONTUM KOTA BATU – Dengan disaksikan para tokoh agama, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama bagikan 500 Al Quran kepada para santri pondok pesantren yang ada di wilayah hukum Polres Batu usai menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Mapolres Batu, Selasa (22/10/2019).

Kapolres menyampaikan, hal ini sesuai perintah Mabes Polri, seluruh jajaran kepolisian mulai Polda, Polres dan Polsek serentak agar menggelar upacara dengan mengusung tema ‘Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia’. Momentum ini diharapkan bisa menjadi semangat bersama untuk menjaga kondusifitas wilayah serta Indonesia.

” Dalam upacara ini, Alhamdulillah seluruh tokoh agama (toga) hadir. Mulai dari PCNU, Muhammadiyah, MUI dan pimpinan pondok pesantren yang ada di Kota Batu dan sekitarnya. Ini menunjukkan kita bersinergi dengan baik,” ungkap Harviadhi.

Sinergi antara kepolisian dan tokoh agama sangat penting, komitmen kepolisian bersama seluruh element masyarakat demi menjaga Kota Batu agar tetap aman dan kondusif.

Advertisement

” Alhamdulillah sampai sekarang demikian. Harapan kami dari Polres Batu supaya kita bersama-sama menjaga Kota Batu yang aman. Karena mustahil jika kepolisian bekerja sendiri tanpa dukungan seluruh element masyarakat, momentum Hari Santri ini salah satunya,” tambah dia.

Harviadhi menambahkan, total ada 500 Al-Quran yang disalurkan ke pondok pesantren dan madrasah pendidikan agama sebagai wujud kepedulian dan perhatian Polres Batu kepada para santri agar menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas, cinta Al-Quran, beriman, dan bertaqwa serta berguna bagi bangsa dan negara.

” Sodakoh Al-Quran ini kita dapat dari bantuan seluruh anggota Polres Batu. Total ada 500 dan bisa bertambah terus,” imbuh dia.

Ketua PC NU Kota Batu, H A Budiono sangat mengapresasi upacara peringatan Hari Santri yang digelar oleh Polres Batu. Kebersamaan antara kepolisian, masyarakat, tokoh agama bisa terus terjalin demi suasana kondusif di Kota Batu.

Advertisement

“Contohnya ketika pelantikan Presiden RI beberapa waktu lalu di Kota Batu tidak ada masalah apa-apa. Lalu bencana alam angin kencang, berkat kerjasama Polri, TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, sukarelawan, dan petugas bisa bahu membahu bersama,” kata mantan Wakil Wali Kota Batu ini.

Polres Batu sama saja memberikan contoh kepada pihak lain supaya menghormati Hari Santri. Pada tahun 1945, KH. Hasyim Ashari memimpin perjuangan mempertahankan kedalutan dan kemerdekaan RI dari gangguan para penjajah. Dia menggerakkan para santri kala itu untuk ikut berjuang bersama.

” Peringatan ini merupakan penghargaan perjuangan santri ketika masa kemerdekaan. Sekarang Hari Santri bisa menjadi momentum bersama agar Santri bisa semakin maju, bertaqwa dan membantu pembangunan negara dan bangsa,” tambah Budiono.

Senada, Ketua MUI Kota Batu KH. Abdullah Tohir sangat mengapresiasi upacara peringatan yang digelar oleh Kapolres.

Advertisement

“Semoga acara ini bisa berlanjut terus ditahun berikutnya,” tutupnya. (bir/yan)

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas