Connect with us

Jombang

Bawaslu Jombang Ajak Perempuan Turut Partisipasi Awasi Pelaksanaan Pemilu 2024

Diterbitkan

||

Bawaslu Jombang Ajak Perempuan Turut Partisipasi Awasi Pelaksanaan Pemilu 2024

Memontum Jombang – Untuk meningkatkan partisipasi Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jombang, menggelar Sosialisasi Pengawasan Parsitipatif Perempuan Berdaya Mengawasi di salah satu hotel di Kabupaten Jombang, Senin (12/12/2022) tadi. Sosialisasi ini, diikuti oleh kelompok perempuan di Kabupaten Jombang, diantaranya GOW, FKUB, FKJN, Darma Wanita, Aisyiah, Muslimat, Fatayat, Forhati serta KPI.

Anggota Koordinator Divisi SDM Bawaslu Kabupaten Jombang, Khodrotun Nafisah, mengatakan bahwa mendekati Pemilu 2024 dan berkaca pada Pemilu 2019, diharapkan dapat meningkat nilai parsitipatif di 2024. “Sasaran kami adalah perempuan, karena masuk ke dalam kelompok rentan. Kami melakukan giat-giat pengawasan pemilih inklusif, salah satunya adalah perempuan, difabel dan lain-lain. Ketika perempuan sudah tahu dan berpasitipasi, tidak hanya berpatisipasi untuk memilih tetapi juga melakukan pengawasan bersama dengan Bawaslu, mulai dari tahapan, pencoblosan dan penghitungan,” ujarnya.

Baca juga :

Dalam sosialisasi ini, ujarnya, ditekankan perempuan minimal tahu apa yang harus diawasi. Termasuk, tahapan apa saja serta pelaksanaan Pemilu. “Setidaknya masyarakat, khususnya perempuan sudah melek tentang Pemilu. Seumpama tertarik sebagai penyelenggara, bisa bergabung dengan Bawaslu melakukan pengawasan di tingkat kecamatan, desa hingga TPS,” tuturnya.

Bawaslu menekankan dan mengajak kepada masyarakat perempuan untuk bersama mengawasi jalannya Pemilu 2024. “Jika perempuan diberikan pendidikan tentang pengawasan, saya yakin mereka sudah mulai bersama kami untuk ikut mengawasi jalannya Pemilu 2024,” ungkapnya.

Harapannya, banyak masyarakat yang sadar dan turut mengawasi jalannya Pemilu. “Mulai dari tahap verifikasi data pemilih hingga proses pemungutan suara. Sehingga masyarakat bersama dengan Bawaslu mengawasi jalannya Pemilu 2024 untuk menghasilkan Pemilu yang lebih baik dan berkualitas,” jelasnya. (azl/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *