SEKITAR KITA

Bijak Berinteraksi di Medsos Jadi Diskusi Literasi Kemenkominfo bersama UMKM Tulungagung di Acara Pameran

Diterbitkan

-

Bijak Berinteraksi di Medsos Jadi Diskusi Literasi Kemenkominfo bersama UMKM Tulungagung di Acara Pameran

Memontum Tulungagung – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Tulungagung, kembali menggelar diskusi literasi digital di Balai Desa Gondosuli, Kecamatan Gondong, Kabupaten Tulungagung, Sabtu (10/06/2023) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Diskusi luring (offline) bertajuk ‘Bijak Berinteraksi di Media Sosial’ yang digelar secara chip in dalam acara ‘Pameran Produk Unggulan Desa Gondosuli’ itu, akan menghadirkan tiga nara sumber. Yaitu, Wakil Ketua Relawan TIK Kabupaten Tulungagung, Mochamad Ismanu Roziqi, dosen STAI Muhammadiyah Tulungagung, Mei Santi, influencer Faisyal Antonio dan Ari Utami sebagai moderator.

“Diskusi dapat diikuti secara gratis. Caranya, cukup dengan mendaftar di link registrasi https://s.id/DaftarTulungagung1006. Peserta akan mendapat e-sertifikat, juga hadiah e-money senilai Rp 1 juta untuk 10 peserta yang beruntung,” tulis Kemenkominfo dalam rilisnya, Jumat (09/06/2023) tadi.

Terkait tema diskusi, Kemenkominfo menjelaskan, media sosial menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Era digital juga membuat media sosial menjadi sarana mempermudah dalam menjalin komunikasi antar-sesama. Melalui media sosial, semua orang dapat mengekspresikan dirinya di depan khalayak umum.

Advertisement

“Intinya, media sosial membawa manfaat yang besar. Namun, hal itu tergantung kepada masing-masing penggunanya. Manfaat positif bermedsos akan didapatkan apabila kita berperilaku sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku,” jelas Kemenkominfo.

Baca juga:

Adapun aturan dan norma yang berlaku agar bijak bermedia sosial menurut Kemenkominfo, salah satunya dengan menggunakan media sosial sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, menjaga sikap dan etika dalam berinteraksi dengan pengguna lain. “Selebihnya, menyaring informasi yang didapat, menghindari akun-akun provokatif, dan memaksimalkan manfaat penggunaan media sosial,” tegas Kemenkominfo.

Selain diskusi, acara pameran produk unggulan desa itu juga dimeriahkan dengan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, bazar UMKM, talkshow UMKM dan pasar murah produk unggulan. “Bijak bermedia sosial juga berlaku bagi para pelaku UMKM saat berinteraksi di ruang digital,” imbuhnya.

Advertisement

Kemenkominfo juga menambahkan, media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan Blog, saat ini telah menjadi wahana yang turut mewarnai wacana di ruang-ruang publik. Namun demikian, media sosial perlu digunakan dengan bijak agar tidak mengubah budaya Indonesia yang toleran dan ramah, dan tidak melanggar ketentuan undang-undang yang berlaku (UU ITE).

“Masyarakat berlomba menjadi yang tercepat dalam membagi informasi di media sosial. Terkadang tanpa cek dan ricek. Yang viral dianggap sebagai sebuah kebenaran. Padahal, jika tidak hati-hati dapat berujung celaka di ruang sidang pengadilan,” jelas Kemenkominfo.

Untuk diketahui, diskusi literasi digital pada lingkup komunitas merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia #MakinCakapDigital (IMCD). IMCD diinisiasi Kemenkominfo untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Tahun ini, program IMCD menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya mereka yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Advertisement

Program #literasidigitalkominfo tahun ini dilaksanakan sejak 27 Januari 2023. Program Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id. (hms/sit)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas