Connect with us

Kota Malang

Dinkes Kota Malang Catat Tingkat Kematian Covid-19 Terus Bertambah

Diterbitkan

||

Dinkes Kota Malang Catat Tingkat Kematian Covid-19 Terus Bertambah

Memontum Kota Malang – Dinas Kesehatan Kota Malang, mencatat tingkat kematian akibat Covid-19 di November ini, mengalami peningkatan. Yakni, sebanyak empat orang dinyatakan meninggal dunia. Hal itu, dikatakan oleh Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif.

“Empat orang yang meninggal, satu probable (diyakini sebagai suspek), satu terkonfirmasi (Covid). Untuk yang dua masih menunggu hasil. Tapi semua dimakamkan dengan protokol Covid-19,” jelas Husnul, saat dikonfirmasi, Kamis (24/11/2022) tadi.

Dikatakan Husnul, banyak faktor yang menjadi penyebab kematian akibat Covid-19 tersebut. Salah satunya yakni komorbid, itu menjadi penyebab ruang penanganan Instalasi Gawat Darurat (IGD) penuh. “Memang satu karena komorbid, itu semua masuk ya di IGD, sehingga penanganan disitu yang mengakibatkan parah,” katanya.

Dijelaskan Husnul, secara umum tingkat pemakaian tempat tidur ada sekitar 19,9 persen, di mana 15,41 persen di dominasi oleh warga dari luar Kota Malang. Sementara sisanya diisi oleh warga Kota Malang. “Seluruh pasien yang dirawat itu tersebar, ada di RSSA, Rumah Sakit Lavalette, Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang dan Rumah Sakit Panti Waluya,” lanjutnya.

Dengan adanya penambahan kasus kematian tersebut, Husnul mengimbau agar masyarakat lebih meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes). Terlebih, dalam waktu dekat juga ada libur Nataru dan tahun baru. Selain itu, menurutnya vaksinasi juga harus terus ditingkatkan.

“Dua strategi itu sebenarnya sudah cukup. Jadi lebih kepada bagaimana kita mendisiplinkan masyarakat dan mereka yang belum melakukan vaksinasi lengkap,” imbuh Husnul. (rsy/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.