Kabupaten Malang

DPRD Kabupaten Malang Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ 2023, Bupati Sampaikan Enam Prioritas

Diterbitkan

-

Memontum Malang – DPRD Kabupaten Malang menggelar rapat paripurna dengan agenda ‘Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Malang Tahun 2023’, Kamis (28/03/2024) tadi. Pelaksanaan yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi dan Wakil Ketua, Kholiq, juga diikuti Bupati dan Wakil Bupati, Sanusi dan Didik Gatot Subroto serta anggota DPRD berikut Kepala OPD hingga camat.

Mengawali paripurna, Ketua DPRD Darmadi membacakan mengenai agenda pembahasan yang akan dilakukan. Termasuk, mengenai jalannya pelaksanaan rapat hingga peserta yang hadir.

“Rapat terbuka untuk umum,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Malang.

Berikutnya, Bupati Sanusi langsung membacakan penyampaian LKPJ tahun 2023. Dijelaskannya, jika penyampaian itu merupakan proses evaluasi tahunan atas pelaksanaan RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2021-2026, yang

Advertisement

dituangkan dalam Peraturan Bupati Malang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 dengan tema Pembangunan yaitu ‘Pembangunan Pariwisata Kreatif (pariwisata dan industri kreatif) Berbasis Komunitas dan Budaya Lokal’.

“Dengan prioritas pembangunan, pertama mengenai percepatan pertumbuhan ekonomi melalui sektor andalan dan mendorong sektor industri, perdagangan dan pemberdayaan masyarakat serta ekonomi kreatif. Kedua, peningkatan pembangunan infrastruktur yang merata untuk mendukung perekonomian dan pariwisata serta peningkatan daya saing daerah. Tiga, peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan dan kesehatan dalam rangka mewujudkan sumberdaya manusia yang produktif dan berdaya saing,” kata Bupati Sanusi.

Prioritas pembangunan ke empat, tambahnya, yaitu peningkatan pelayanan publik melalui reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik dan inovatif. Lima, peningkatan ketentraman, ketertiban dan kerukunan masyarakat dengan mengangkat kebudayaan dan kearifan lokal serta penegakan hukum. Enam, peningkatan kualitas dan fungsi lingkungan hidup serta ketahanan terhadap bencana dan perubahan iklim.

Baca juga :

Advertisement

Untuk melihat sampai sejauh mana capaian keberhasilan pembangunan tahun 2023, ujar Bupati Sanusi, pihaknya akan sampaikan secara garis besar capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Malang, berdasarkan enam prioritas pembangunan tahun 2023.

Prioritas pertama atau percepatan pertumbuhan ekonomi melalui sektor andalan dan mendorong sektor industri, perdagangan dan pemberdayaan masyarakat serta ekonomi kreatif, sebagai bukti capaiannya yaitu seperti kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara sebanyak 3.115.081 orang. Lalu, nilai tambah hasil produksi pertanian berdasarkan kontribusi PDRB, sektor Tanaman Pangan sebesar 2,37 persen, sektor Hortikultura 3,86 persen, sektor Perkebunan 1,48 persen, sektor Perikanan 1,62 persen dan sektor Peternakan 4,84 persen.

Prioritas dua dan bukti capaiannya, papar Bupati Sanusi, yaitu persentase desa maju sebesar 20,11 persen. Kemudian, persentase Prasarana Jalan Kondisi Mantap sebesar 73,30 persen dan luas areal layanan irigasi sebesar 30.434,11 Ha. “Untuk prioritas tiga, capaiannya yaitu indeks pendidikan sebesar 0,814. Kemudian, angka Usia Harapan Hidup sebesar 75.14 Tahun dan ada tingkat Partisipasi Angkatan Kerja sebesar 89,91 persen,” ujarnya.

Sementara untuk prioritas empat, lanjutnya, pencairannya yakni predikat BB Nilai SAKIP 75,22, Opini BPK predikat WTP, Nilai LPPD Tinggi pada Tahun 2022 dan Indeks Integritas Pemkab Malang sebesar 76,72. Kemudian, Indeks Profesionalitas ASN sebesar 75,49.

Advertisement

“Prioritas lima, capaian persentase Penanganan Kasus Konflik Sosial sebesar 100 persen. Lalu, persentase Penurunan Kasus Pelanggaran Perda sebesar 3 persen dan Penanganan Gangguan Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat sebesar 7 persen. Enam, Indeks Kualitas Air sebesar 65 poin, Indeks Kualitas Udara sebesar 83,45 poin dan Indeks Kualitas Tutupan Lahan sebesar 50,72 poin. Kemudian, Indeks Risiko Bencana sebesar 118,63 persen,” tambah Bupati Sanusi.

Mengakhiri penyampaian LKPJ, Bupati Sanusi juga menjelaskan bahwa capaian keberhasilan tahun 2023 sebagai implementasi RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2021-2026, secara umum telah

sesuai target yang ditetapkan. Bahkan, salah satu kebijakan pariwisata yang terus dijalankan Pemerintah Kabupaten Malang adalah pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari. (sit/adv)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas