Kota Malang
Gamelan, Game Edukasi Mengenal Budaya Nusantara
Memomtum Kota Malang – Budaya merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus selalu dijaga kelestariannya. Untuk melestarikannya, lima mahasiswa Universitas Brawijaya, yaitu Aditya Yusril Fikri (Teknik Informatika), Guedho Augnifico Mahardika (Teknik Informatika), Lina Fitra (Teknik Informatika), Farid Adi Wijaya S. (Teknik Informatika) dan Hidayatul Mahmudah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), memperkenalkan inovasi kreatif sebuah media pembelajaran berbasis game untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mempelajari kebudayaan nusantara, yang dinamakan GAMELAN (Game Mengenal Budaya Nusantara).
Dijelaskan Aditya, Gamelan merupakan inovasi media pembelajaran berbasis game dekstop sebagai upaya pengenalan budaya nusantara pada siswa sekolah dasar, khususnya bagi siswa SDN Polehan 2 Malang yang telah menerapkan Kurikulum 2013 dengan sistem full day school. Dimana dalam sistem kurikulum 2013, siswa mendapat beberapa buku tematik yang mewakili setiap tema, salah satunya adalah tema kebudayaan. Namun permasalahannya, rendahnya pengetahuan dan minat siswa SDN Polehan 2 Malang terhadap budaya nusantara.
Hal ini dikarenakan buku tematik yang dibaca berisi banyak teks dan beberapa gambar. Teks yang banyak membuat siswa cepat jenuh dan tidak tertarik untuk belajar. Karenanya, ketersediaan laboratorium komputer yang dilengkapi 20 set komputer di SDN Polehan 2 Malang, dapat dimanfaatkan untuk mengimplementasikan penggunaan game Gamelan dengan cara yang lebih menyenangkan, yakni belajar sambil bermain, khususnya mengenal budaya Indonesia bagian Timur, Tengah dan Barat. “Dengan game Gamelan, siswa akan diajak berkeliling Indonesia melalui berbagai mini games, komik atau media interaktif lainnya,” jelas Aditya.