Kota Malang
Gamelan, Game Edukasi Mengenal Budaya Nusantara
Dilakukan beberapa tahapan dalam implementasi game Gamelan, diantaranya Pertama, siswa dalam kelas dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri atas dua hingga tiga siswa yang dimaksudkan untuk menyesuaikan ketersediaan komputer dengan jumlah siswa. Kedua, setiap siswa dibagikan buku pegangan berisi modul, latihan, tugas dan tempat penempelan stiker sebagai reward. Ketiga, diarahkan untuk memainkan game Gamelan, dimana di awal permainan siswa diminta untuk membuat akun kelompok dengan mengisi biodata setiap anggota siswa.
Selanjutnya, game dimulai dengan menampilkan peta Indonesia yang terbagi dalam tiga bagian, yaitu Indonesia Barat, Tengah dan Timur. “Pada setiap bagian terdapat beberapa stage yang masing-masing berupa lima mini games untuk diselesaikan oleh siswa. Pada setiap mini games, siswa akan mendapat penjelasan mengenai mini games dan kebudayaan yang diangkat dalam mini games. Di akhir mini games, siswa harus menjawab pertanyaan terkait kebudayaan yang diangkat pada mini games bersangkutan. Siswa akan mendapat reward berupa stiker dan in-game achievement jika dapat menyelesaikan berbagai stage. Pemberian reward ini akan memberikan dorongan tersendiri bagi siswa untuk belajar, selain media belajar berupa aplikasi game yang menyenangkan,” papar Aditya.
Aditya menambahkan, Gamelan dalam pengembangan dan implementasinya di SDN 2 Polehan Malang mendapatkan pendanaan dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI), karena telah lolos seleksi pendanaan pada Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKMM) 2017 pendanaan tahun 2018. (rhd/yan)